14 May 2015

Cara Melepas Plastik Laminating Dokumen Dengan Aman

Taugitu.com, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara melepas plastik laminating dokumen dengan aman. Melaminating dokumen merupakan salah satu cara melindungi dokumen penting agar tidak mudah rusak, seperti ijazah, akta lahir, SK pegawai, sertifikat pendidikan, atau bahkan KTP. Hal tersebut dilakukan agar dokumen tidak mengalami kerusakan dengan cepat yang disebabkan oleh berbagai hal, semisal terkena air, kotoran, dimakan kutu buku atau rayap. Namun terkadang karena ada beberapa hal yang ingin kita lakukan terhadap dokumen tersebut kita harus melepaskan plastik pelindung yang digunakan saat proses laminating. Saya pun mengalami hal demikian, saat ingin memfotocopy dokumen yang dilaminating, hasilnya kurang memuaskan karena plastik pelindung sudah buram. Alhasil saya harus melepas terlebih dahulu plastik laminating dokumen tersebut.

melepas plastik laminatin
Dokumen yang dilaminating umumnya akan bertahan lama daripada dokumen yang tidak dilaminating, namun seringkali suhu lingkungan tempat menyimpan dokumen yang kurang baik, justru menyebabkan dokumen yang dilaminating akan rusak, misalkan suhu yang terlalu lembab menyebabkan dokumen berjamur karena plastik laminating berembun, atau akan menyebabkan dokumen menempel pada plastik laminating. Jika sobat ingin melepas plastik laminating dokumen dan ingin menggantinya dengan plastik laminating yang baru, mungkin tips ini akan berguna, alat yang sobat siapkan adalah sebagai berikut :

  • Dokumen yang hendak dilepas plastik laminating/plastik pelindungnya
  • Kain handuk atau kain yang agak tebal semisal sajadah.
  • Gunting/pisau cutter
  • Siapkan setrika, atau hidrayer/alat pengering rambut. 

Caranya sebagai berikut

  • Gunting terlebih dahulu pinggir / bagian sisi plastik laminating yang merekat
  • Panaskan setrika dengan setelan panas maksimal
  • Tutup bagian atas dokumen yang dilaminating dengan kain handuk atau kain yang tebal.
  • Letakkan setrika yang telah panas diatas kain kurang lebih 10-20 detik (jangan sampai plastik meleleh)
  • Silahkan sobat periksa apakah plastik laminating pada dokumen sudah panas, jika sudah tarik secara perlahan untuk melepaskan plastik dari dokumen, jika beberapa bagian masih sulit dilepas ulangi cara diatas.

Cara diatas adalah cara yang telah saya praktekkan dan alhamdulillah berhasil dan kondisi dokumen saya 98% baik, meskipun ada beberapa bagian dokumen yang sedikit terkelupas. Biasanya saat permukaan dokumen dipanaskan, plastik laminating akan sedikit berubah dan muncul rongga udara diantara plastik dan dokumen karena adanya perubahan suhu normal ke panas.

Demikian tips dari saya, semoga artikel Cara Mudah Melepas Plastik Laminating Dokumen Dengan Aman memberi manfaat bagi sobat dan dokumen anda tetap dalam kondisi yang baik.

3 komentar

pak Bujo bisa saa meminta email bapak saya butuh bantuan mengenai cara melepas laminating ini. Mohon bantuannya

Pak Bujo bisa kah saya meminta alamat email bapak? Saya butuh bantuan mnegenai cara melepas laminating dari dokumen

Artikel diatas sy tulis berdasarkan pengalaman saya, mgkin pada beberapa kasus mempunyai tingkat kesulitan sendiri. Jika ingin menghibungi saya bisa melalui hangout ataupun via beranda google plus, terima kasih atas kunjungan sobat

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon