11 March 2017

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Situs Orang Lain

Taugitu.com, Pengunjung situs adalah salah satu penentu peringkat sebuah situs dalam mesin pencarian (search engine). Semakin banyak pengunjung mengunjungi situs, maka situs tersebut akan semakin populer dimesin pencarian dan mudah untuk ditemukan, tetapi tidaklah mudah menjadikan situs memperoleh banyak kunjungan, berbagai cara haruslah dilakukan, dikalangan blogger menyebutnya sebagai teknik SEO, Caranya pun cukup beragam, bisa melalui promosi, menulis konten berkualitas, tukar link, mempercepat loading situs dan masih banyak lagi.

Banyak keuntungan yang diperoleh dari sebuah situs yang memiliki banyak pengunjung, selain populer tentunya akan mendatangkan pemasukan yang besar bagi mereka yang menjadikan situs sebagai publisher Google Adsense, karena dari pengunjunglah iklan yang terpasang mendapatkan klik, selain itu tidak menutup kemungkinan akan ada perusahaan yang tertarik untuk memasang iklan.

Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang optimasi situs untuk mendatangkan banyak pengunjung, karena saya bukanlah ahlinya, namun saya sampai detik ini percaya, bahwa 90 persen penentu besar kecilnya jumlah tamu di situs kita adalah Konten (artikel) content is king, karena konten menjadi nyawa dan motor penggerak dari sebuah situs. Kembali ke judul artikel yaitu "Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Situs Orang Lain". Kenapa saya membahasnya ? Karena saya sedikit kepo atau ingin tahu seberapa besar jumlah pengunjung situs milik orang lain, tapi jangan menilai negatif ke-kepoan saya, karena hal ini saya lakukan karena ada sisi positif yang ingin saya cari, yaitu saya ingin belajar dari balik layar, mengintip kinerja sebuah situs yang memiliki banyak pengunjung, mempelajari dan mencari keistimewaan  situs tersebut, mencoba melakukan eksperimen dengan menerapkan berbagai hal seperti apa yang diterapkan situs populer milik orang lain.
Hal yg saya lakukan tentunya juga dilakukan oleh blogger lain, cuma mungkin mereka tidak pernah mengungkapkannya, meskipun mereka selalu mencari tahu situs yang dimiliki oleh blogger populer, seperti Dian Umbara yang cukup sukses sebagai publisher adsense, andapun tentunya juga ingin tahu situs yang dikelola oleh seorang publisher adsense memamerkan jumlah pendapatan yang besar, kebanyakan komentar pasti nanya "situsnya apa om? blog indo apa bule ? Topiknya apa om ? Dan terakhir bilang "bagi tipsnya suhu"!! Hayyo ngaku hehehehe. Bagi saya itu hal wajar, karena semua ingin situs atau blog yang dikelolanya semakin populer.

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Situs Orang Lain

Oke, untuk mengetahui jumlah pengunjung situs orang lain yaitu dengan melihat widget counter yang terpasang dalam situs yang kita kunjungi, gubraaakkk (pada ngarep ya) inimah udah pada tahu ya caranya hahaha... 

Lalu bagaimana jika pemilik situs tidak memasang widget counter ? Caranya yaitu menggunakan situs pihak ketiga, anda bisa mencoba menggunakan situs www.statshow.com dan memasukkan url situs yang ingin anda cek jumlah pengunjungnya, jangan lupa mengklik tombol update agar data yang anda peroleh adalah data terbaru, selain itu bisa juga menggunakan situs www.ceksite.net situs-situs tersebut akan menampilkan global rank, pengunjung harian, bulanan dan tahunan, nama dan lokasi hosting, bahkan jumlah pendapatan perhari, untuk situs yang menggunakan domain Top Level Domain (TLD) seperti .com, co.id, net, id dan lain-lain data yang ditampilkan lebih rinci jika dibandingkan dengan situs yang berdomain gratis seperti blogspot. Apakah data tersebut valid ? Saya yakin tidak, karena data yang ditampilkan merupakan data perkiraan saja namun cukup membantu mengobati rasa penasaran kita hehehe. Tetapi ada cara yang dapat kita lakukan agar mendapatkan data yang akurat dan valid, yaitu dengan langsung menanyakannya kepada sang owner/pemilik situs. Hehehe

Ingat ! Menjiplak itu dilarang, menyadur dan merangkum itu boleh, semua demi mendapatkan ilmu dan menambah pengetahuan kita. Semoga sukses ya.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon