14 May 2017

Cara Mudah Mengatasi Konten Blog Yang Dicopy Paste Orang Lain

Taugitu.com, Konten pada situs atau website diibaratkan seperti nyawa, tanpa konten maka sebuah situs dianggap belum atau bahkan jauh dari kata sempurna, sama seperti hotel yang telah selesai dibangun, namun belum memiliki fasilitas yang memadai untuk para tamu, maka dapat dipastikan para pengunjung akan segera bergegas pergi untuk mencari hotel yang memiliki fasilitas yang lebih lengkap sesuai dengan yang mereka inginkan dan pastinya pengunjung tersebut tidak akan datang untuk kedua kali ke hotel tersebut dan tidak akan merekomendasikannya kepada orang lain. 

Konten situs dapat berupa tulisan, gambar ataupun video, dapat diisi dengan berbagai macam pembahasan, tergantung dengan topik atau niche situs. Topik, konten dan nama situs yang bersesuaian akan lebih mudah memberikan informasi yang dicari oleh pengunjung, semisal situs yang memiliki topik seputar database atau direktori alamat, maka kontennya harus diisi dengan konten yang sesuai, semisal alamat, nomor telepon, faksimili, email, dan peta lokasi. Domain atau nama situs serta deskripsi harus mewakili topik dan konten tersebut, dengan begitu situs yang dikelola akan mudah dikenali oleh search engine / mesin pencari dan otomatis semakin mudah ditemukan oleh para pengunjung yang mengetikkan kata kunci sesuai konten situs.

Namun apa jadinya jika konten situs yang kita kelola ternyata dijiplak oleh orang lain dan kemudian diupload ulang kedalam konten situs yang mereka kelola, pastinya kita merasa dirugikan karena kerja keras kita selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari diambil orang lain dalam hitungan menit tanpa ijin kemudian dipasang dalam situs mereka hanya dengan melakukan copy dan paste, belum lagi jika ternyata artikel kita yang mereka jiplak justru mengalahkan artikel aslinya pada mesin pencarian.

Nah, jika hal tersebut terjadi maka tidak perlu khawatir, kita dapat melaporkan url atau situs yang menjiplak konten yang kita miliki kepada google supaya google memblokir atau bahkan menghapus artikel hasil copy paste tersebut dari data ideks mesin pencari/search engine. Caranya yaitu dengan mengunjungi situs Google DCMA. Situs Google DCMA merupakan layanan / tool yang disediakan oleh Google untuk melakukan adanya tindakan pelanggaran Hak Cipta yang dilakukan oleh pihak lain terkat konten situs.

Berikut ini adalah langkah-langkah melaporkan situs/url yang menjiplak konten dari situs kita.

Langkah Pertama, Masuk ke akun google menggunakan email dan kata sandi kamu, kemudian masuk ke halaman url https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard, 
  • Klik buat pemberitahuan baru 
tampilan dasboar Google DCMA 1
screenshot google DSMA/sumber : google
  • Kemudian isi semua kolom yang disediakan, yaitu
  • Nama awal
  • Nama akhir
  • Nama perusahaan, diisi dengan nama situs anda
  • Isi juga pemegang Hak Cipta, isi dengan diri sendiri jika anda sendiri sebagai pemilik situs.
  • Isi alamat email, dan jangan lupa untuk memilih negara/kawasan dengan Indonesia
Tampilan Google DCMA 2
Sreenshot Google DCMA / sumber : google

Langkah Kedua, yaitu mengisi kolom uraian kejadian, 

  • Isikan secara singkat dan jelas perihal kejadian pelanggaran hak cipta, misalkan : "Artikel dan Gambar (konten) hasil karya saya dicopy paste oleh orang lain, dan dipublikasikan dalam situs milik mereka tanpa sepengetahuan dan seijin saya"
  • pada kolom berikutnya, silahkan isikan dengan alamat situs / url konten kita yang dicopy paste, pada kolom ini anda dapat mengisi alamat url hingga 1000 url, kolom ini digunakan oleh tim DCMA milik google untuk memastikan bahwa konten tersebut tampil pada situs aktif yang kita kelola.
  • berikutnya isikan juga alamat url/konten situs yang melakukan copy paste dan diduga melakukan pelanggaran hak cipta atas Hak Cipta. 

Tampilan Google DCMA 3
Screenshot Google DCMA / Sumber : google
Langkah Ketiga, yaitu, kita harus melakukan pernyataan tersumpah, yang menyatakan secara resmi bahwa yang kita ajukan adalah benar, dan kita harus tunduk dan patuh pada ketentuan dan kebijakan dari Google DCMA, caranya yaitu dengan mencetang semua kolom yang disediakan, 

Langkah terakhir, yaitu mengisi tanda tanggal saat pembuatan permohonan, dengan format Bulan/hari/tahun contoh 14/05/2017, isi juga kolom tanda tangan dengan nama asli anda, atau nama yang anda gunakan sesuai dengan akun google, kemudian centang kolom captcha, terakhir klik kirim. setalah anda berhasil mengirim akan ada pesan pop up yang menyatakan permohonan anda telah terkirim. 

Tampilan Google DCMA 4
Screenshot Google DCMA / sumber : google

Untuk memastikan apakah permohonan telah terkiri, silahkan masuk kembali ke halaman dasboard Google DCMA melalui alamat url https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard atau dengan mengkik tulisan tebal Penghapusan Hak Cipta.

Tampilan Google DCMA 5
Screenshot pengajuan pelanggaran hak cipta / sumber : google
Google DCMA membutuhkan beberapa waktu untuk memeriksa pengajuan anda, jika persetujuan anda disetujui, maka aka muncul pemberitahuan pada dasboard seperti pada tampilan gambar diatas.

Tips

  1. Untuk menghindari adanya copy paste artikel, sebaiknya anda memasang script anti copy kedalam situs anda, hal ini paling tidak dapat mencegah para pencuri artikel untuk langsung menyalin, meskipun sebenarnya dengan trik tertentu tindakan peng-copy-an masih dapat dilakukan.
  2. pasang banner DCMA, memasang banner DCMA bertujuan memberikan peringtan kepada pengunjung, bahwa semua konten dala situs kita dilindungi atau berhak cipta
  3. Pasang pesan peringatan, kita dapat memasang pesan peringatan pada pengunjung tentang larangan mengcopy konten tanpa seijin pemilik, kita dapat memasang  pesan tersebut di bawah artikel atau pada widget yang terletak di header, footer ataupun sidebar.
Semoga bermanfaat. silahkan dishare atau dicopy namun jangan lupa menuliskan sumbernya.

sumber rujukan : Google DCMA

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon