Perbedaan, Keuntungan Dan Kelemahan Domain TLD Dan Blogspot

Taugitu.com, - Apa itu domain TLD dan perbedaannya dengan domain blogspot ? sebenarnya sudah banyak situs yang membahas pengertian tentang domain TLD, dan dapat saya simpulkan bahwa domain TLD atau Top Level Domain, adalah akhiran pada nama domain yang mengindikasikan pemilik dan jenis domain. misalkan .gov (goverment atau pemerintah), org. (organisasi non profit), mil (militer), edu (pendidikan), tv (televisi), com (komersil) dan masih banyak lagi seperti domain lokal web.id, co.id, go.id dll, biasanya domain ini disediakan oleh pihak ketiga, sedangkan Domain blogspot adalah domain yang diberikan secara gratis oleh layanan google / blogger, sebagai indikasi bahwa domain tersebut dimiliki oleh google.

Perbedaan lainnya, yaitu situs yang menggunakan domain TLD, dapat mempermudah pengunjung  mendapatkan informasi jenis situs, selain dari nama situs itu sendiri, sedangkan jika menggunakan domain blogspot, pengunjung bergantung pada deskripsi hasil penelusuran dan mesin pencari, karena terkadang nama situs tidak semuanya dapat menggambarkan jenis informasi konten situs. 

Kita dapat mudah menyimpulkan bahwa situs dengan domain go.id, adalah milik pemerintah dan informasi yang disajikannyapun terkait erat dengan pemerintahan, sedangkan jika situs menggunakan domain blogspot, maka kita harus membuka domain tersebut untuk mengetahui jenis konten, namun adakalanya pula pemilik situs blogspot mencantumkan nama blog, sesuai jenis niche / topik blog.

Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan Situs TLD dan Blogspot


Keuntungan self Hosting dan domain TLD

Dari pengamatan saya pribadi dan juga beberapa artikel yang saya baca, diantara beberapa keuntungan menggunakan domain TLD dan Blogspot yaitu :

  1. Menggunakan hosting dan domain TLD akan mempunyai reputasi yang baik di mata blogsphere, mungkin ini sedikit konyol, tapi begitulah kenyataannya, para pengunjung akan lebih mempercayai situs dengan domain TLD dibandingkan dengan situs domain gratisan, 
  2. Situs dengan domain TLD mempunyai kesan Profesional, karena secara tidak langsung, penggunaan domain TLD memberikan padangan bagi para pengunjung, bahwa situs tersebut di kelola secara serius dan profesional, meskipun hal itu tidak mutlak kebenarannya. 
  3. Penggunaan domain TLD akan lebih memudahkan pengunjung mengingat nama situs, selain itu pula menurut banyak pakar SEO, penggunaan nama domain TLD juga berpeluang besar menguasai hasil SERP, meskipun hal tersebut juga tidak selalu benar karena semua tergantung optimasi SEO situs masing-masing.

Kelemahan self Hosting dan domain TLD


Kelemahan Domain TLD sebenarnya sangat minim, salah satunya untuk mendapatkannya kita harus merogoh kocek alias membeli, harganyapun bervariasi, namun untuk situs yang telah dikelola secara profesional dan mampu menghasilkan rupiah dari internet, tentunya itu bukan menjadi masalah, kelemahan yang lainnya, kita bergantung pada penyedia jasa Hosting dan Domain, ketika server utama mati, otomatis situs kita juga tidak dapat diakses, bahkan jika harus diadakan maintenance server utama, kita bisa menunggu berhari-hari, ditambah jika customer servisnya gag mau tau dan cuek, bikin kesel hati.

Menggunakan domain Blogspot juga mempunyai keuntungan tersendiri, untuk mendapatkannya Gratis alias gag harus beli, blogspot adalah domain milik google yang mendapat prioritas utama di search engine google, menggunakan domain blogspot berarti kita memakai blogger, blogger sangat mudah dimaintenance dan banyak tutorial yang membahas tentang management blogger, namun ada beberapa kelemahan memakai domain dari blogspot, karena kita harus selalu tunduk pada ketentuan google / blogger, melakukan salah satu pelanggaran, blog kita kemungkujan akan di banned ataupun dinonaktifkan, fitur yang dimiliki blogger terbatas dan tidak selengkap dengan situs yang lain, seperti joomla, drupal dan wordpress.org. 

Namun bukan berarti situs dengan domain TLD tidak akan di banned, situs domain blogspot yang telah di rubah dengan domain TLD juga rawan dibanned, karena sebenarnya kita hanya mengalihkan/merubah alamat url/domain saja, tanpa meninggalkan rumah (blogger). jika tetap mau aman dan terus dapat mengembangkan situs kita tanpa rasa was-was, maka kita harus membeli hosting dan domain sendiri.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Perbedaan, Keuntungan Dan Kelemahan Domain TLD Dan Blogspot
Perbedaan, Keuntungan Dan Kelemahan Domain TLD Dan Blogspot Perbedaan, Keuntungan Dan Kelemahan Domain TLD Dan Blogspot Reviewed by Admin on April 28, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.