04 November 2019

Hendak Mendaftar CPNS ! Data NIK dan KK Tidak Valid dan Cara Mengatasinya

Taugitu.com, Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 akan segera di buka pada bulan november ini, tentunya hal tersebut merupakan moment paling ditunggu oleh para pelamar kerja yang ingin mengabdikan dirinya sebagai aparatur sipil negara.

Berkaca dari tahun sebelumnya, penerimaan pegawai negeri sipil selalu dibanjiri oleh pelamar, ribuan bahkan sampai dengan ratusan ribu pelamar melamar pada satu kementerian, sebut saja pelamar pada Kementerian Hukum dan HAM, yang pada tahun 2017 pelamar yang mendaftar pada kementerian ini mencapai lebih dari 1.5 juta.

Hendak Mendaftar CPNS ! Data NIK dan KK Tidak Valid dan Cara Mengatasinya


Jika melihat antusias pelamar dari tahun ke tahun bisa dikatakan selalu meningkat, hal tersebut dikarenakan semakin mudahnya proses rekruitmen / pendaftaran CPNS dan juga meningkatnya salary yang diberikan oleh pemerintah melalui tunjangan kinerja baik di instansi pusat maupun daerah.

Bagi anda yang pada tahun ini akan mengikuti seleksi calon abdi negara, anda perlu melakukan persiapan terlebih dahulu, selain bekal pengetahuan tentunya anda wajib menyiapkan dokumen sesuai dengan persyaratan. Anda juga wajib melakukan validitas data Nomor Induk Kependudukan  (NIK) dan Juga Nomor Kartu Keluarga (KK).

Validitas data NIK dan KK adalah faktor yang sangat vital dalam melakukan pendaftaran CPNS, dikarenakan NIK dan KK yang valid merupakan syarat mutlak membuat akun di website sscasn.bkn.go.id, yang selanjutnya digunakan untuk mendaftar cpns di Instansi pusat maupun daerah. Jika sesorang yang mempunyai NIK dan KK yang tidak sama dengan data yang ada di server Kemendagri, maka otomatis orang tersebut tidak dapat melanjutkan proses pendaftaran cpns, bahkan akan terkedala dalam pelayanan administrasi kependudukan lainnya.

Berikut ini adalah langkah mengecek validitas data NIK dan KK dan langkah yang dilakukan jika terdapat kesalahan data atau data tidak valid.

Sebelum melakukan pendaftaran di situs sscasn, silahkan terlebih dahulu cek validitas data anda di website dinas catatan sipil dan kependudukan sesuai kota domisili anda yang tertera pada KTP, semisal anda tinggal di kota Tangerang, maka silahkan cek data NIK dan KK anda di website resmi dinas capilduk kota Tangerang.

Jika data anda tidak ditemukan atau tidak valid, anda bisa langsung menghubungi call center Ditjen Dukcapil Kemendagri, melalui telepon, email, medsos ataupun aplikasi pengaduan yang di sediakan, berikut adalah kontak center yang di sediakan oleh Kemendagri :
Nomor Call Center : 1500537
Facebook : https://www.facebook.com/dukcapilkemendagri
Twiter : @ccdukcapil atau https://twitter.com/ccdukcapil
Instagram : @dukcapilkemendagri atau https://www.instagram.com/dukcapilkemendagri/
Website : https://sapa.kemendagri.go.id/ atau bisa mendowload aplikasi SAPA di google playstore
Lapor : http://kemendagri.lapor.go.id/

Manusia biasa yang pingin pinter dan berguna buat diri sendiri dan orang lain.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon