26 March 2018

Keutamaan Bagi Orang Yang Bersedekah

Taugitu.com, - Apa yang ALLAH SWT perintahkan pasti mengandung hikmah manfaat dan keutamaan, seperti perintah Bersedekah. Sedekah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik. Dalam sebuah hadis digambarkan, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.” (Wikipedia)

Berikut ini adalah beberapa keutamaan Sedekah menurut Ustad Jafar Arifin.

Allah pasti akan menggantikan Sedekah kita
hal tersebut disebutkan dalam firman ALLAH SWT dalam surah Saba' ayat 39 yang artinya "Apapun harta yang kalian infakkan maka allah akan menggantikannya, dan dia adalah sebaik baik pemberi rizki" (QS. Saba' : 39)

Sedekah menghapus segala dosa
Hal tersebut disebutkan dlam Hadist Rasulullah SAW : "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR Tirmidzi)

Keutamaan Bagi Orang Yang Bersedekah


Akan memperoleh keberkahan pada harta
Semakin banyak kita bersedekah maka akan semakin bertambah harta kita, karena sedekah dapat memberi keberkahan pada harta kita, hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah SAW : "harta tidak akan berkurang degan sedekah, Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya" (HR Muslim)

Akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Qur'an Surah Al Hadid ayat 18, yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18

juga dalam Qur'an Surah Al Baqarah ayat 261 yang artinya Perumpamaan orang yang meninfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.

Allah akan menyediakan pintu khusus bagi orang yang bersedekah untuk masuk surga
Hal tersebut dinyatakan Rasulullah SAW dalam hadis yang di riwayatkan oleh Bukhari Muslim, Orang yang memberikan (menyumbangkan) harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga; Wahai Hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan" (HR. Bukhari dan Muslim)

Akan terhindar dari api neraka
Orang yang bersedekah dijanjikan terhindar dari api neraka, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya "Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma, jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah (HR Al Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa keutamaan bagi orang-orang yang bersedekah, semoga dengan mengetahui keutamaan dari Sedekah, akan membuat kita termotivasi untuk bersedekah, dan Sedekah itu seharusnya ditujukan hanya untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT, bukan mengharapkan pujian dari orang lain. 

(disadur dari kultum Ust Jafar Arifin, penyuluh Agama Islam Kemenag D.I Yogyakarta)

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon