Pengalaman Cek Fisik Bantuan di SAMSAT Kulon Progo, Mudah !

Taugitu.com, - Cek Fisik Bantuan, adalah layanan yang diberikan oleh Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau lebih dikenal dengan SAMSAT. Layanan ini diberikan bagi para pemilik kendaraan yang akan mengajukan permohonan mutasi kendaraan, balik nama kepemilikan kendaraan, perubahan warna kendaraan atau pajak 5 tahunan, yang kendaraan berada di luar wilayah domisili yang tertera dalam buku kepemilikan kendaraan bermotor atau BPKB, dengan kata lain pengecekan fisik kendaraan baik itu nomer rangka dan nomer mesin dapat dilakukan oleh SAMSAT terdekat tanpa harus ke SAMSAT asal kendaraan.

Saya ingin berbagi pengalaman menggunakan layanan cek fisik bantuan, kebetulan saya ingin melakukan mutasi kendaraan sekaligus melakukan balik nama kepemilikan kendaraan bermotor roda empat (mobil) dari wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Pengalaman Cek Fisik Bantuan di SAMSAT Kulon Progo, Mudah !


Cek Fisik Bantuan saya lakukan di SAMSAT Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta karena kebetulan saya berdomisili di Kulon Progo.

Di SAMSAT Kulon Progo kendaraan yang akan dilakukan pengecekan fisik langsung dibawa menuju ke tempat Cek Fisik yang telah disediakan dan menunggu antrian untuk dilakukan cek fisik oleh petugas, setelah dilakukan Cek fisik nomor mesin dan nomer rangka, petugas akan memberikan blanko untuk validasi / keabsahan kendaraan. 

Blanko yang yang telah ditempel hasil gosokan nomor mesin dan nomor rangka kendaraan kemudian diserahkan ke loket, dengan melampirkan BPKB Asli, STNK Asli, KTP Asli sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK Kendaraan.  

Petugas loket akan mengecek surat surat yang dilampirkan dengan hasil pengecekan fisik kendaraan, jika sudah sesuai maka blanko akan dibubuhi tanda tangan petugas dan stempel dinas yang menerangkan bahwa data kendaraan  dan hasil cek fisik kendaraan valid. sekitar 30 menit pemohon akan dipanggil untuk mengambil blanko yang telah divalidasi, dan sampai tahap ini maka Cek Fisik Bantuan telah selesai, anda tinggal mengirimkan blanko dan seluruh persyaratan mutasi ke samsat tujuan untuk dilakukan pencabutan berkas, untuk proses pajak lima tahunan prosesnya sama saja.

Untuk pelayanan Cek Fisik Bantuan di SAMSAT Kulon Progo tidak dikenakan biaya alias GRATIS.

Berkas yang disiapkan :
STNK Asli dan Fotocopy
BPKB Asli dan Fotocopy
KTP Pemilik Asli dan Fotocopy
Kartu Keluarga Pemilik Asli dan Fotocopy (opsional)

Sekedar informasi tambahan, bahwa cek fisik dapat dilakukan di SAMSAT manapun, tidak harus dilakukan di SAMSAT asal ataupun SAMSAT Tujuan Mutasi Kendaraan, Contoh : kendaraan saya berasal dari Kota Bekasi dan di Mutasikan ke wilayah Klaten, Jawa Tengah, Cek Fisik Bantuan tidak harus dilakukan di SAMSAT Klaten, tetapi dapat dilakukan di SAMSAT terdekat seperti yang saya lakukan yaitu di SAMSAT Kulon Progo, D.I Yogyakarta.

Jika surat-surat kendaraan lengkap, sebaiknya mengurus proses mutasi sendiri, tidak melalui jasa calo karena akan menambah biaya yang cukup besar, dan tentunya anda tidak akan pernah tahu proses mengurus mutasi kendaraan.

Semoga Artikel Pengalaman Cek Fisik Bantuan di SAMSAT Kulon Progo bermanfaat.






Pengalaman Cek Fisik Bantuan di SAMSAT Kulon Progo, Mudah ! Pengalaman Cek Fisik Bantuan di SAMSAT Kulon Progo, Mudah ! Reviewed by Admin on November 14, 2022 Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

Powered by Blogger.