24 September 2016

Jenis Pakan Untuk Merpati Yang Sedang Meloloh

Taugitu.com, Meloloh, adalah proses memberi makan induk merpati kepada anakan merpati sebelum anak merpati bisa makan secara mandiri. Meloloh menjadi salah satu faktor terpenting dalam pertumbuhan merpati, pada fase ini induk merpati maupun anaknya sangat butuh asupan makanan yang cukup. Makanan yang baik untuk induk yang sedang meloloh adalah pakan yang mengandung banyak mineral yang diperlukan dalam pertumbuhan tulang susunan tulang dan bulu merpati.

Kekurangan jenis mineral yang diperlukan anak merpati menyebabkan pertumbuhan tidak sempurna, misalnya dapat menyebabkan cacat, pertubumbuhan tulang yang tidak optimal ataupun pertumbuhan bulu yang lambat, tercukupinya jumlah mineral yang dibutuhkan oleh anak merpati sangat mempengaruhi pertumbuhan selanjutnya, pada fase inilah menjadi sangat penting menentukan baik tidaknya bibit merpati yang dihasilkan.

Pakan Merpati

Berikut adalah jenis pakan yang baik diberikan kepada induk merpati yang sedang dalam fase meloloh :

Voor
Voor adalah jenis pakan yang mudah dijumpai dan telah banyak disediakan dan dijual di toko pakan ternak, voor biasanya terdiri dari campuran katul, jagung, beras, gabah dan lain-lain, yang dicampur dan berbentuk butiran butiran, voor biasanya dipilih karena mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam masa pertumbuhan. Anda dapat memberikan jenis voor 591,592,593 ataupun 594. Untuk jenis voor BR dan AD sebaiknya dihindari, karena berdasarkan pengalaman saya, jika diberikan secara terus menerus, jenis voor ini dapat mengganggu sistem reproduksi induk merpati, biasanya merpati uang diberi pakan voor jenis BR atau AD mengebankan putih telur menjadi cair.


Beras Merah.
Beras merah merupakan jenis biji-bijian yang masuk dalam kategori sereal. Beras merah berperan penting dalam proses pembentukan tulang, biji ini mengandung banyak kalsium dan rendah lemak, dan memberikannya dalam jumlah banyak tidak akan menyebabkan merpati mengalami kegemukan.


Kacang Hijau.
Jenis kacang ini sangat baik dalam membentuk sel baru dalam tubuh, khususnya bagi anak merpati, sedangkan bagi induk merpati, kacamg hijau diketahui dapat membantu menjaga kesuburan sistem reproduksi merpati pasca mengeram dan meloloh.


Jagung
Jagung adalah jenis biji-bijian yang umum diberikan untuk pakan merpati, karena jagung mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, karbohidrat berguna menyediakan kalori yang menghasilkan tenaga bagi merpati. Pada saat meloloh, usahakan memberikan jenis jagung giling, uang bertujuan agar anakan merpati lebih mudah mencerna, karena sistem pencernakan anak merpati belimlah sempurna seperti merpati dewasa.


Selain jenis pakan tersebut diatas, tambahkan pula grid, grid diperlukam untuk membantu merpati dan anak merpati mencerna makanan, sehingga sari makan dapat optimal diserap oleh tubuh, saat meloloh, kita kuga dapat memberikan mingak ikan pada induk merpati, minimal 3 hari sekali, minhak ikan diketahui membantu membentuk dan memperbaharui sel tubuh yang rusak, menurut sebuah penelitian, piyik atau anak merpati yang diberi minyak ikan, lebih cerdas daripada piyik hang tidak pernah diberikan minhak ikan, selain itu pula minyak ikan juga dapat membantu pertumbuhan bulu lebih cepat. Kita juga dapat memberikan jenis mineral lain melalui minuman merpati.

Hal hal yang saya sampaikan diatas, adalah berdasarkan pengalaman saya selama beternak Merpati Hias, jika ada yang kurang mohon dapat memberikan saran, semoga bermanfaat.

Happy Breeding.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon