27 September 2016

Tikus Menjadi Predator Utama Anak Merpati

Taugitu.com, - Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang menjadi musuh utama para petani dan peternak. Hewan yang satu ini bisa dikatakan salah satu hewan paling rakus, bukan hanya menjadi hama bagi jenis tanaman padi, namun juga sering memangsa anak merpati yang masih kecil, bahkan telur merpatipun dimakan. Tikus menjadi salah satu hewan yang paling sering memangsa burung dibanding hewan pemangsa lainnya. Selain itu, tikus juga merusak perabotan rumah bahkan merusak bangunan.

Hewan ini cepat berkembang biak, setiap kali melahirkan, rata-rata anaknya berjumlah 4-7 ekor. Bisa dibayangkan perbandingannya dengan Merpati yang hanya bertelur 2 butir, jika dibiarkan bukan ridak mungkin menyebabkan ternak kita habis karena dimangsa. Hal tersebut juga saya alami, keberadaan tikus cukup menganggu kenyamanan merpati, terkadang merpati yang sedang mengeram menjadi stres karena kehadiran tikus. Tikus yang berada disekitar kandang, umumnya memakan pakan merpati seperti voor yang jatuh ke lantai, namun jika sisa makanan tidak tersedia, terkadang tikus juga akan memangsa piyik merpati yang masih kecil.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan :
Memelihara Jangkrik.
Sejak dahulu, jangkrik sering dipelihara oleh orang-orang desa dilumbung padi, suara jangkrik diyakini dapat menganggu keberadaan tikus dan membuat tikus tidak betah dan akan menjauh.


Memelihara Kucing.
Kucing adalah musuh alami tikus, memelihara kucing manjadi salah satu solusi, karena kucing menjadi salah satu hewan yang ditakuti tikus. Namun perlu kebati-hatian, karena kucing juga terkadang memangsa anak merpati.

Racun tikus

Meracun Tikus.
ini adalah salah satu cara yang paling efektif, racun menkadi salah satu cara terakhir menyingkirkan tikus, saya juga melakukan cara ini, karena keberadaan tikus disekitar kandang cukup mengganggu merpati, saya memberikan racun tikus yang banyak dijual di toko-toko. Saya memilih jenis racun yang instan, yaitu racun yang berbentuk umpan, anda dapat mencoba jenis racun tikus seperti petrok*m 0.05 karena berbentuk umpan instan, dan lebih mudah dipasang daripada racun tikus yang dicampur umpan, karena ditakutkan justru akan dimakan oleh hewan peliharaan kita.

Selain cara diatas, kita juga bisa menanam daun mint, hanya saja tidak mudah menemukan tanaman jenis ini.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon