08 October 2016

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Taugitu.com, - Komputer, adalah salah satu perangkat teknologi informasi yang keberadaannya sangat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-hari, bukan hanya urusan administrasi saja seperti surat-menyurat dan lain-lain, komputer memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam hal membantu manusia menyelesaikan pekerjaan, penggunaan komputer secara optimal, mampu menghemat tenaga, waktu dan biaya.

Penggunaan komputer dalam waktu yang lama dan terus menerus, tentunya dapat menurunkan performa perangkat ini, sebagai user kita harus menggunakannya secara bijak, melakukan perawatan secara berkala adalah salah satu cara menjaga performa perangkat ini tetap stabil. selain itu, setiap user juga wajib mengetahui dan memahami prosedur penggunaan komputer, dari mulai menyalakan hingga prosedur mematikan sesuai prosedur yang benar. Seringkali para user karena kesibukan waktu, lupa mematikan komputer, terlebih jika mendekati nam kerja, ada beberapa user yang lupa mematikan komputer, bahkan ada juga yang langsung mencabut atau mematikan aliran listrik ke komputer. Hal tersebut tentunya dapat memicu kerusakan pada perangkat, entah hardware ataupun software. Nah untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya user melakukan penjadwalan/mengatur waktu shutdown komputer, jadi ketika kita lupa mematikan komputer, komputer secara otomatis akan mati sesuai dengan waktu yang telah kita atur/tentukan sebelumnya.

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis

Untuk dapat mengatur waktu mati komputer secara otomatis, lakukan cara berikut:

Buka menu RUN, untuk lebih cepatnya, tekan kombinasi tombol logo windows dan tombol huruf R secara bersamaan, setelah muncul menu run, ketikan perintah "shutdown.exe -s -t 1800. S adalah second / detik, dan t adalah time, sedangkan 1800 adalah jumlah detik atau sama dengan 30 menit, anda bisa mengganti bilangan 1800 sesuai waktu yang anda kehendaki. 
Tekan Enter

Nah, dengan mengatur waktu tersebut, maka secara otomatis komputer akan melakukan hitungan mundur, sesuai jumlah detik/waktu yang telah ditentukan, dan akan secara otomatis mati/shutdown. Dengan cara ini anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu lupa mematikan komputer, dan cara ini juga sesuai prosedur mematikan komputer dengan benar.

Semoga bermanfaat .

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon