08 October 2016

Hati-Hati Penipuan Melalui BBM

Taugitu.com, - Baru-baru ini PT. blackberry mengumumkan kepada seluruh pengguna Blackberry Mesengger (BBM) agar mengamankan akun para penggunanya, peringatan tersebut disampaikan karena banyak terjadi tindakan pencurian akun blackberry milik orang lain, yang dilakukan oleh para hacker. Akun BBM yang telah dicuri datanya, akan digunakan oleh hacker untuk tindakan penipuan. Pencurain data akun blackberry biasanya dilakukan dengan mengirimkan link ataupun situs yang mengharuskan memasukkan username dan pasword bbm untuk login. para hacker membagikan link tersebut melalui berbagai media sosial, pesan pribadi, ataupun memasangnya pada situs tertentu.

Biasanya para pengguna blackberry yang lengah dan tidak curiga akan mengklik tautan link tersebut karena adanya iming-iming yang menarik, entah itu pulsa gratis, video gratis atau juga aplikasi gratis. Para pengguna bbm akan diminta memasukkan username dan pasword, dan jika hal tersebut dilakukan, maka data blackberry id mereka dapat terekam dan diketahui oleh para hacker.

penipuan BBM

Jika username dan pasword sudah berhasil hacker dapatkan, maka mereka akan menggunakannya untuk tindakan kejahatan, seperti penipuan. PT Blackberry menyatakan, bahwa mereka tidak pernah meminta para pengguna BBM untuk memasukkan username dan pasword, kecuali pada situasi berikut :
  1. Ketika Anda pertama kali membuka BBM
  2. ketika Anda memperbarui profil Anda di BBM
  3. Ketika Anda membuka BBM setelah lama tidak aktif

Untuk melindungi akun bbm anda, maka jangan pernah memasukkan username dan pasword bbm setelah anda mengklik link-link tersebut, ataupun ketika anda masuk ke situs tertentu, yang mengharuskan login menggunakan nama dan pasword bbm anda. Selain itu hindari membagikan PIN BBM anda ke media sosial, kecuali PIN tersebut memang anda pergunakan sebagai kontak bisnis anda. Lebih teliti dalam menerima permintaan pertemanan, dan tingkatkan kontrol terhadap keamanan akun blackberry mesengger yang anda miliki.

Disadur dari situs resmi blackberry messengger.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon