20 April 2016

Kacang Tanah, Kandungan Dan Manfaatnya Untuk Merpati

Taugitu.com, Kacang Tanah merupakan tanaman jenis polong-polongan, berbentuk bulat sedikit lonjong dan polongnya diselimuti kulit ari berwarna coklat. Kacang tanah termasuk jenis legumionosa, mengandung antinutrisi goitrogens yang dapat mengakibatkan thyroid membesar. Kacang tanah diberikan pada merpati tanpa dipecah terlebih dulu. Daerah sentra produksi kacang tanah di Indonesia adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Beberapa burung yang dapat diberi kacang tanah antara lain burung bayan, nuri, dan kakatua 

Kacang tanah mengandung kandungan lemak dan protein yang tinggi, dalam satu biji kacang tanah terdiri dari sekitar 47% lemak, 25% Protein selebihya mengandung karbohidrat, magnesium, zat besi, fosfor, vitamin C, A, D, E, K, B kompleks. Kacang tanah mampu memberikan banyak energi, dalam 100 gram kacang tanah, mampu menghasilkan 567 kalori. Asam amino yang terdapat dalam kacang tanah membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan dalam tubuh. Selain itu Vitamin E yang terkandung juga menjadi anti oksidan yang mampu menjaga integritas selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas. Vitamin B Kompleks membantu dalam memperlancar kesehatan dan aliran darah ke otak.
Kacang Tanah

Mengetahui begitu banyaknya nutrisi dan manfaat yang terkandung dalam kacang tanah, maka manfaat kacang tanah sangatlah penting untuk burung merpati, utamanya dalam menyediakan kalori sebagai sumber energi, dan lemak baik untuk menjaga kesehatan kulit dan lendir. dari sumber lain juga menyebutkan bahwa kacang tanah mampu meningkatkan kesuburan dan daya ingat burung.

Para peternak merpati juga menyatakan, jika pemberian kacang tanah utuh secara rutin minimal 10 butir/hari kepada burung merpati dewasa, mampu menaikkan berat badan burung secara signifikan, namun perlu diingat, pemberian pakan kacang tanah haruslah disesuaikan dengan kondisi burung, pilih kacang tanah yang mudah untuk ditelan, perhatikan pula pola pemberian pakan, jangan memberikan kacang tanah secara berlebihan karena menurut penelitian, burung yang terlalu banyak memakan kacang tanah menyebabkan mencret. 

Sumber : 
Kandungan kacang tanah, www.resepcaramemasak.com
Skripsi Uji Kafetaria Biji-Bijian Lokal Sebagai Pakan Merpati,  Bogor University Agriculture
www.omkicau.com

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon