24 February 2017

Pengesahan Fotokopi Ijazah Dapat Dilakukan Di Seluruh Wilayah Indonesia

Taugitu.com, Pengesahan Ijazah adalah suatu proses yang menyatakan secara resmi tentang kebenaran atau ekabsahan fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat belajar (STTB) / Surat Keterangan Pengganti ijazah/STTB dengan membubuhkan tanda ttangan dan stempel pada fotokopi ijazah/STTB/Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB oleh pejabat yang berwenang setelah dilakukan verifikasi fakta dan datau atau dokumen aslinya.

Pengesahan Ijazah atau yang secara umum dikenal dengan istilah legalisir ijazah banyak dilakukan orang yang telah selesai menempuh suatu pendidikan formal tertentu, baik digunakan sebagai persiapan untuk melanjutkan pendidikan, melamar kerja atau untuk keperluan lainnya. Masalah yang sering menjadi kendala yaitu, sekolah yang bersangkutan tidak lagi beroperasi, atau yang bersangkutan telah pindah domisili, dan karena kurangnya informasi tentang ketentuan legalisir ijasah banyak orang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengirim ijazah ke sekolah asal ataupun melalui jasa orang lain demi untuk pengesahan ijazah. namun anda harus tahu, bahwa pengesahan atau legalisir ijazah dapat dilakukan di wilayah domisili tempat tinggal anda, atau dengan kata lain, pengesahan dapat dilakukan di wilayah manapun di seluruh Indonesia.

Cara Legalisir Ijazah atau STTB

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 29 Tahun 2014 yang didalamnya menjelaskan tentang tempat dan pejabat yang berwenang melakukan pengesahan fotokopi ijazah/STTB, Surat keterangan Pengganti Ijazah/STTB ataupun Ijazah Paket. Berikut ini adalah beberapa ketentuan penting tentang Pengesahan Fotokopi Ijazah/STTB dll :
  1. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan surat keterangan pengganti ijazah dilakukan oleh kepala satuan pendidikan (kepala sekolah) yang mengeluarkan ijazah yang bersangkutan.
  2. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan surat keterangan pengganti ijazah yang telah bergabung/dilebur dilakukan oleh kepala satuan pendidikan hasil penggabungan.
  3. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan surat keterangan pengganti ijazah bagi satuan kerja pendidikan/sekolah yang telah berganti nama dilakukan oleh kepala satuan pendidikan sesuai nomenklatur yang baru
  4. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan surat keterangan pengganti ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah yang telah tutup/tidak aktif, dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten yang bersangkutan
  5. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan surat keterangan pengganti ijazah yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/kota dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang bersangkutan.
  6. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan surat keterangan pengganti ijazah  bagi pemohon yang berdomisili diluar kota tempat asal sekolah, maka pengesahan dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten tempat pemohon berdomisili
  7. Pengesahan fotokopi ijazah/STTB dan surat keterangan pengganti ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah Indonesia diluar negeri, dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota atau Direktur Jenderal terkait.
Ketentuan-ketentuan tersebut berlaku bagi seluruh sekolah di wilayah Indonesia, maupun sekolah milik Indonesia yang bearda di luar negeri, semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat dijadikan tambahan referensi untuk lancarnya proses pengesahan fotokopi ijazah.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa mencari informasi lengkap di Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah anda.

Semoga bermanfaat.

Disadur dari Permendikbud Nomor 29 Tahun 2014

4 komentar

apakah peraturan tersebut masih berlaku untuk sekarang thun 2018?

Alhamdulillah..terimakasih infonya bermanfaat sekali..

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon