20 April 2016

Tips Memilih Jenis Pakan Yang Tepat Untuk Merpati

Taugitu.com, Merpati adalah salah satu jenis hewan yang menyukai biji-bijian, di Indonesia para pemilik burung merpati memberikan biji jagung sebagai pakan utama, pemilihan biji jagung sebagai pakan utama bukan tanpa alasan, selain murah dan mudah didapatkan, jagung juga mempuyai kandungan gizi yang sangat diperlukan dalam proses perkembangan tubuh merpati peliharaan. Dalam setiap biji jagung mengandung beberapa zat yaitu Kalori, Kalsium, Vitamin A dan B1, Fosfor, Lemak, Ferum, Air dan Karbohidrat yang yang menentukan pertumbuhan tubuh hewan. Dalam hasil penelitian Ena Nurhaeni, mahasiswi Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, dalam skripsinya disebutkan, Jagung merupakan salah satu dari 10 (sepuluh) biji-bijian yang dapat dijadikan sumber pakan untuk memenuhi segala kebutuhan tubuh merpati. Kesepuluh biji-bijian tersebut adalah :

Biji Pakan merpati
A. Kacang tanah
B. Ketan hitam
C. Sorgum,
D. Jewawut,
E. Gabah lampung,
F. Biji sawi,
G. Jagung,
H. Beras merah,
I. Millet putih,
J. Kacang hijau.

Jenis Merpati

Berdasarkan tujuan dan pemeliharaannya, Merpati dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) kelompok  Merpati Balap, Merpati Hias dan Merpati Pedaging. Merpati balap merupakan jenis merpati yang dilatih untuk perlombaan ketangkasan terbang. Nilai jual merpati balap akan semakin mahal apabila burung tersebut banyak menjuarai perlombaan. bahkan keturunannyapun dihargai dengan harga yang relatif lebih mahal. Contoh merpati balap adalah Homer dan Tumbler. kelompok yang kedua yaitu Merpati hias (fancy Pigeon) merupakan jenis merpati yang dipelihara untuk dinikmati keindahan bulu dan postur tubuh. tak jauh berbeda dengan merpati balap, Merpati Hias memiliki nilai komersil yang cukup tinggi apabila sering menjuarai kontes, penilain biasanya berpatokan pada Warna bulu, kerapian warna (marking), simbar dan juga ukuran/postur tubuh. Contoh merpati hias adalah Reverswing, Jacobin Swallow, Chiness Owl, Lahore, Felegyhazer, Wina dan lain-lain. Jenis Selanjutnya Merpati Pedaging merupakan jenis merpati yang digunakan sebagai sumber penghasil daging untuk konsumsi. Contoh merpati daging adalah merpati hasil persilangan Homer x King dan Carneau. 

Pemilihan Jenis Pakan Yang tepat untuk Kelompok Merpati

Telah saya sebutkan diatas, bahwa ada 10 (sepuluh) jenis biji-bijian yang lebih disukai oleh merpati dibandingkan dari biji-biji lainnya, yaitu Kacang Tanah, Ketan Hitam, Sorgum, Jewawut, Gabah Lampung, Biji Sawi, Jagung, Beras Merah, Millet Putih, Kacang Hijau. Setiap biji-bijian tersebut mengandung jenis nutrisi yang berbeda, baik jumlah nutrisi ataupun kegunaannya bagi tubuh. Berdasarkan penelitian salah satu Mahasiswi Fakultas Peternakan IPB, ternyata ada satu jenis Biji yang paling digemari oleh merpati.

Metode Penelitian yang digunakan adalah metode sistem Uji Kafetaria selama 9 hari, Kafetaria merupakan pemberian pakan pada ternak secara bebas sehingga ternak dapat memilih sendiri makanan yang disukainya. Uji kafetaria dilakukan untuk mengetahui tingkat selera makan merpati terhadap biji-bijian. Untuk lebih tepat memilih jenis pakan yang sesuai dengan kelompok merpati yang kita pelihara, mari kita ulas bersama kandungan dan manfaat dari biji-bijian tersebut

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon