21 April 2016

Ketan Hitam, Kandungan Dan Manfaatnya Bagi Burung

Taugitu.com, Sesuai dengan namanya, Beras Ketan hitam merupakan jenis beras yang berwarna hitam, disebut sebagai beras ketan karena beras ini memiliki kandungan perekat yang tinggi. Ketan hitam mengandung karbohidrat utama berupa pati yang disebut amilopektin. 

Ketan hitam yang dijadikan sebagai pakan untuk merpati, berfungsi menjaga suhu tubuh burung tetap hangat, selain itu menjadi salah satu sumber energi. Ketan hitam tergolong dalam tanaman serealia yang mengandung antioksidan berupa antosianin jenis sianidin 3-glikosida. 

Dalam sebuah penelitian, secara rinci diuraikan bahwa dalam setiap 100 gram beras ketan hitam mengandung energi sebesar 356 kilo kalori, protein 7 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 10 miligram, fosfor 148 miligram, dan zat besi 1 miligram, karbohidrat 78 gram. Selain itu di dalam Beras Ketan Hitam juga terkandung vitamin A, B1 dan C

Ketan Hitam Untuk Burung


Beberapa manfaat beras ketan hitam untuk burung, yang kami ambil dari berbagai sumber :
  1. Menjaga daya tahan tubuh 
  2. Menjaga kesehatan kulit secara alami 
  3. Menjaga dan memperbaiki kerusakan sel hati 
  4. Mencegah sel kanker dan tumor serta anemia 
  5. Memperlambat penuaan 
  6. Menyuburkan bulu
  7. Memadatkan otot
Ketan hitam juga dipercaya mampu mendorong burung kicauan lebih rajin berbunyi, biasanya para peternak perkutut rajin memberikan ketan hitam kepada perkutut sejak usia muda. Khusus untuk Merpati, ketan hitam mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, utamanya pada saat merpati mengalami masa pergantian bulu, karena pada fase ini merpati akan mengalami perubahan suhu tubuh yang diakibatkan rontoknya bulu, ketan hitam membantu menjaga suhu tubuh tetap hangat, bagi merpati dewasa, khususnya jenis Merpati Hias, ketan hitam dapat menjadikan bulu lebih subur dan mengkilat, sehingga bulu merpati hias akan terlihat lebih menarik.

Sumber :
Skripsi Uji Kafetaria Biji-Bijian Lokal Sebagai Pakan Merpati,  Bogor University Agriculture
www. organisasi.org
www.earlly.com

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon