22 April 2016

Sorgum, Biji Sereal Kaya Serat

Tauitu.com, - Sorgum merupakan tanaman biji yang potensial untuk dikembangkan sebagai tanaman pangan, pakan ternak dan bahan dasar industri. Tanaman sorgum sangat cocok dikembangkan di Indonesia yang memiliki iklim tropis, tanaman ini mampu bertahan di lahan kering ataupun basah, sehingga sangat kecil mengalami kegagalan panen. 

Sorgum lebih dikenal sebagai bahan pakan ternak, khusunya burung. Sorgum memiliki kandungan pati, gula terlarut seperti sukrosa, glukosa, fruktosa dan maltosa, selain itu serat dan protein dalam sorgum lebih tinggi daripada protein yang dimiliki beras maupun jagung. Sorgum juga mengandung Mineral Fe, mineral ini berfungsi dalam membantu pembentukan sel darah merah, selain itu ada beberapa jenis sorgum yang mengandung antiokidan tinggi yang bernama tanin, yang terdapat dalam sorgum coklat. Sorgum sangat dianjurkan oleh para ahli nurtrisi untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh yaitu sekitar 48%.

Manfaat Sorgum

Dari beberapa penelitian ahli nutrisi, Sorgum memiliki banyak manfaat bagi mahluk hidup yang mengkonsumsinya, bagi manusia mengkonsumsi tepung sorgum memberikan beberapa manfaat diantaranya :
  • Pencernaan, Kandungan serat yang tinggi pada sorgum membantu dalam proses penceranan, serat yang terkandung membantu memproses makanan lebih baik, sehingga menghindarkan dari sembelit, kembung ataupun diare. tercukupinya kebutuhan serat juga membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Mencegah Kanker, seperti disebutkan diatas, salah satu jenis sorgum, yaitu sorgum coklat memiliki zat antioksidan, zat yang dikenal mampu menurunkan resiko berkembangnya kanker. anti oksidan merupakan senyawa yang menghilangkan zat yang bersidat radikal bebas.
  • Menjaga Kesehatan Tulang, magnesium yang terdapat dalam sorgum membantu tubuh menyerap zat kalium dan kalsium, kedua zat tersebut berperan penting dalam pembentukan jaringan tulung, magnesium membantu memperbaiki tulang yang keropos atau osteoporosis.:
  • Meningkatkan Sirkulasi dan Produksi Sel Darah Merah, Mineral Fe yang terkandung dalam sorgum diketahui bermanfaat dalam membantu memprcepat pembentukkan sel darah merah, sel darah merah yang cukup mampu meningkatkan sirkulasi darah dan merangngsah pertumbuhan rambut.

Tanaman Dan Biji Sorgum

Sorgum Untuk Merpati

Para peternak belum banyak memanfaatkan biji sorgum sebagai pakan merpati, karena memang tidak semua jenis sorgum disukai merpati ataupun burung lainnya, ada beberapa jenis sorgum yang banyak mengandung zat tanin, yang menimbulkan rasa pahit. oleh karena itu biasanya sorgum yang dicampurkan dalam pakan burung merpati adalah sorgum berwarna putih yang memiliki kandungan tanin lebih sedikit daripada sorgum coklat. Sama seperti manfaatnya bagi manusia, sorgum membantu merpati memperbaiki sistem pencernaan, sehingga penyerapan sari makanan dalam lambung lebih baik, sorgum juga membantu mempercepat pertumbuhan bulu, mencerahkan warna bulu serta membuat tubuh merpati lebih kuat dan mempunyai otot tubuh yang rapat, sorgum sangat cocok diberikan pada jenis merpati balap.

Sumber :
http://www.litbang.pertanian.go.id/
http://www.carakhasiatmanfaat.com/
http://darsatop.lecture.ub.ac.id/

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon