16 March 2016

Tips Memilih Jenis Kandang Untuk Beternak Merpati Hias

Taugitu.com, Pada beberapa artikel sebelumnya, saya telah membahas sedikit mengenai pemilihan jenis kandang untuk beternak merpati hias, ada dua jenis kandang yang umum digunakan oleh para peternak merpati hias, yaitu sistem kandang koloni, sistem kandang umbaran dan sistem kandang individu  yang biasa disebut kandang baterai/box. Kedua jenis kandang ini mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi mana yang harus kita pilih ? Sebenarnya tidak ada patokan khusus atau anjuran mengenai jenis kandang yang harus kita gunakan, karena setiap peternak mempunyai alasan masing masing, namun ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan dalam pemilihan jenis kandang.

Apa saja faktor yang menentukan pemilihan jenis kandang ? Mari kita ulas bersama.

Faktor pertama adalah Ketersediaan Lahan. Lahan adalah tempat yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat sebuah kandang, kita bisa membuat kandang dengan ukuran yang luas atau umbaran jika kita memiliki lahan yang luas pula, namun jika lahan yang kita miliki terbatas, otomatis kita harus memilih jenis kandang beterai berupa kandang box dengan ukuran tertentu.

Faktor kedua adalah Lingkungan. Lingkungan yang saya maksud adalah kondisi wilayah letak kandang, apakah dekat atau jauh dengan keramaian/kebisingan, atau bahkan berada di lahan terbuka. Dalam membangun sebuah kandang merpati hias, faktor lingkungan cukup berpengaruh terhadap tingkat produktifitas burung peliharaan, karena jenis merpati hias cenderung mudah berubah perilaku jika lingkungan di sekitar kandang tidak nyaman, umumnya merpati hias mudah mengalami stres jika lingkungan di sekitarnya terlalu bising. Saya menyarankan memilih kandang umbaran jika lingkungan di sekitar kandang terlalu bising, karena merpati bisa bebas terbang dalam kandang yang luas, jika menggunakan kandang box, dikhawatirkan akan mudah memicu stres pada merpati yang akan berpengaruh pada tingkat produktifitas. Perhatikan pula letak didirikannya kandang, ada baiknya kandang tidak dibangun mengahadap arah angin, dan lebih bijak jika keberadaan kandang merpati kita tidak menimbulkan gangguan di lingkungan sekitar, misalkan menimbulkan bau kotoran.

Merpati Hias Lahore Silver

Faktor selanjutnya adalah Keamanan, sebelum memutuskan memilih jenis kandang, pikirkan faktor yang satu ini. Kita tentunya tidak ingin burung merpati kesayangan kita hilang digondol maling atau mati di makan hewan pemangsa seperti ular, kucing atau tikus dan hewan liar lainnya, gunakan gembok sebagai pengaman pintu kandang, pasang juga perangkap untuk mengatisipasi adanya hewan pemangsa.

Faktor yang keempat adalah Harga Bahan Baku Kandang. Sebenarnya faktor ini tidaklah begitu berpengaruh, karena yang dibutuhkan burung merpati untuk berkembang biak adalah kondisi kandang yang nyaman. Jika kita memiliki dana yang cukup, tidak ada salahnya membuat kandang jenis umbaran, yaitu membangun kandang khusus dengan bahan dasar yang kokoh dan kuat, seperti tembok, kayu, kawat/jaring dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai, namun apabila dana yang kita miliki terbatas, cukup menggunakan bahan yang murah dan mudah kita dapatkan, seperti bambu namun dengan tetap memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan.

Nah, jika kita telah memahami beberapa faktor yang telah disebutkan diatas, kini saatnya menentukan jenis kandang yang akan kita bangun, namun perlu diingat, kesuksesan seorang peternak bukan hanya ditentukan oleh sarana prasarana semata atau permintaan dan penawaran dari pasar, tapi juga kesungguhan, keuletan dan ketelatenan menjadi seorang peternak. Salam Wok wok kur

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon