15 April 2016

Penyebab Dan Cara Mengatasi Stres Pada Merpati Hias

Taugitu.com, Stres adalah suatu kondisi yang terjadi akibat ketidaksesuain antara situasi kondisi biologis atau keadaan sosial dan lingkungan disekitarnya. Stres yang dialami pada manusia tidak selalu berakhir buruk, karena stres terkadang jug mampu membawa unsur positif bagi sifat ataupun sikap manusia, adakalanya dari kondisi itulah manusia justru menemukan jalan untuk mencari solusi dan berubah menjadi lebih baik. Nah, lalu bagaimana jika stres itu terjadi pada Burung peliharaan kita, khususnya Merpati Hias ? apa akibat dan bagaimana cara menghilangkannya ? Mari kita coba ulas satu-persatu

Penyebab Stres pada burung Merpati Hias
Ada beberapa faktor yang menyebabkan burung merpati Hias terserang stres, dari pengalaman pribadi dan juga beberapa sharing dari teman peternak, penyebab stres adalah sebagai berikut :
  1. Burung tersebut belum jinak/liar
  2. Pergantian kandang
  3. Suara Bising / Kaget
  4. Dipisahkan dengan pasangannya saat keket
  5. Gangguan dari manusia atau hewan lainnya
  6. Konsidi kandang yang sempit
  7. Burung baru tiba dari perjalanan jauh
  8. Keracunan pakan/minuman
  9. Polusi udara, misalkan karena asap
  10. Kondisi kandang yang kotor yang menyebabkan lembab dan bau.

Merpati Hias

Stres yang menyerang burung merpati akan sangat merugikan merpati dan juga sang peternak, umumnya burung yang mengalami stres akan mengalami penurunan nafsu makan, menjadi liar atau bahkan diam, bulu rontok, tidak mau berbunyi, penurunan berat badan, telur tidak berembrio bahkan mandul, selain itu stres yang terjadi juga akan berpengaruh pada hubungan merpati dengan pasangan atau kelompoknya, merpati yang stres akan berubah prilakunya, yaitu menjadi sensitif dan protektif. Jika seekor induk merpati sedang mengeram, kemungkinan telor yang dieraminya tidak menetas, atau jika sedang meloloh biasanya anaknya akan mati karena induk berhenti meloloh. Pengalaman saya pribadi, merpati yang mengalami stres saat meloloh menjadi lebih agresif terhadap kawanannya, bahkan terhadap pasangannya sekalipun. hal tersebut terjadi sampai beberapa hari, saat induk betina mendekati anaknya, sang jantan akan segera mengejar dan mematuk sang betina, begitupun sebaliknya.

Cara Mengatasi Stres Pada Merpati Hias.
Ada beberapa cara yang dilakukan oleh para peternak untuk mengurangi dan menghilangkan stres pada merpati diantaranya :
  1. Pisahkan burung merpati dari koloni/pasanganya dan letakkan dikandang terpisah
  2. Hindarkan dari tempat yang bising atau gangguan lainnya, baik dari manusia ataupun hewan.
  3. Mandikan merpati saat pagi hari dan jemur ditempat yang kering namun berangin, usahakan dibawah pohon yang sejuk
  4. Berikan pakan yang dan minuman bervitamin, yang mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh burung. misalkan kcang ijo, beras merah atau berikan minum yang dicampur dengan obat semacam Vitachick.
  5. Khusus untuk burung yang sedang meloloh, pisahkan salah satu induknya dan lakukan secara bergantian, misalkan saat pagi hingga sore, biarkan sang betina dikandang untuk meloloh anaknya, saat sore hingga pagi, biarkan induk jantan yang meloloh anaknya, dengan begitu anak-anak merpati tetap dapat mendapatkan makanan dari induknya.
Agar stres tidak menyerang merpati kesayangan anda, hindari melakukan tindakan yang memicu merpati menjadi stres, seperti memindah-mindahkan kandang, memegang merpati dengan cara tidak benar, membuat gerakan dan suara yang membuat merpati kaget, selain itu  tempatkan merpati pada kandang yang nyaman dan memenuhi kriteria sesuai dengan lingkungan di habitat aslinya. berikan makanan serta vitamin yang cukup dapat mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh.

Demikian sedikit sharing pengalaman dari saya, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon