14 April 2015

Mengenal Istilah Dalam Laporan Penghasilan Google Adsense

Taugitu.com, Hallo sobat, apa kabar, semoga kalian dalam keadaan baik.. kali ini saya akan mencoba membahas istilah - istilah yang terdapat dalam laporan penghasilan Google Adsense. Sudah banyak artikel yang membahas mengenai hal ini, namun saya akan mencoba menjelaskan istilah yang umum digunakan dalam Laporan Adsense. Bagi para publisher pemula, tentunya sering kebingungan tentang istilah yang ada dalam laporan Google AdSense, saya pun juga demikian ketika pertama kali menjadi publisher Google AdSense, saya juga bingung karena kadang Iklan mendapatkan jumlah klik lebih banyak dari hari sebelumnya, namun pendapatan saya justru lebih rendah, oke untuk lebih jelasnya, mari kita kenal dan fahami satu persatu istilah tersebut.

Laporan Pendapatan AdSense
Istilah Laporan Pendapatan dalam Google AdSense
  1. Tampilan Laman / Impresion, Tampilan laman adalah tampilan dimana google menghitung jumlah tampilan laman yang dilihat oleh pengguna/pengunjung, Laman yang dihitung google adalah laman yang menampilkan iklan, terlepas dari berapa jumlah iklan yang terpasang, (misalkan, kita memasang iklan diberanda 3 unit iklan, dan pengguna mengunjunginya 1 kali, maka Google menghitungnya 1 kali, meskipun jumlah iklan yang tampil 3 iklan.
  2. Klik / Click, Klik adalah Jumlah banyaknya pengunjung melakukan klik pada tautan iklan yang tampil di laman,  meskipun situs kita dikunjungi oleh 500 pengunjung, dan yang melakukan klik iklan hanyalah 2 orang, maka Google menghitung 2 kali klik, untuk menaikkan jumlah klik, maka buatlah artikel yang original dan fokus membahas suatu topik, agar iklan yang meuncul lebih relevan dengan isi konten.
  3. RKT / CTR, Rasio Klik per Tayang atau dalam istilah inggrisnya dalah Click Through rate, diartikan sebagai jumlah iklan yang memperoleh klik dibagi dengan jumlah tampilan laman, rumus untuk menghitungnya adalah CTR = Click / Impresion ( CTR = jumlah klik dibagi dengan jumlah tampilan laman)
  4. BPK / CPC, Biaya per klik atau Cost per Click, adalah besarnya jumlah pedapatan setip kali pengguna melakukan klik iklan, besarnya BPK unit iklan berbeda beda, besarnya ditentukan oleh para pengiklan, mungkin ada pengiklan yang bersedia membayar tinggi namun adapula pengiklan yang hanya membayar rendak unit iklan miliknya.
  5. PPS Laman  / RPM, PPS Laman adalah pendapatan per seribu tayang, PPS Laman adalah perkiraan pendapatan per 1000 laman. untuk menghitungnya rumusnya adalh sebagai berikut : RPM = (Penghasilan tertaksir/ jumlah tampilan laman) * 1000 jumlah itu dihitung dengan membagi taksiran penghasilan dengan jumlah tampilan laman, tayangan, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000"
  6. Penghasilan Tertaksir, adalah perkiraan jumlah penghasilan yang akan anda peroleh dalam jangka waktu yang anda pilih, misalkan per hari, per minggu, atau per bulan.
  7. Saldo berjalan, adalah jumlah sementara pendapatan anda dari adsense, jumlah saldo berjalan akan berubah setiap bulannya, tergantung ebsarnya pendapatan anda, jika saldo anda setiap bulan belum mencapai 100$ maka otomatis pembayaran anda akan ditangguhkan pada bulan berikutnya hingga pendapatan mencapai 100$.
Demikian ulasan singkat Istilah Dalam Laporan Penghasilan Google Adsense, semoga dapat membantu teman-teman Publisher AdSense dalam memahami laporan pendapatan dalam akun Google AdSense.

13 komentar

Om ane masih agak bingung....untuk hasil akhir adsense itu yg dihitung dari apanya. Soalnya nilai pps tanyangan perhari besar

Saldo akhir.. Sdh sangat jelas di laporan youtube.. Atau download aja apliaksi youtube urk android.. Skrg laporannya sdh sangat detail

Maaf, akun Adsense maksud saya..

Om.. Kok Penghasilan tertaksir saya 60rb untuk selama ini tapi di pps laman saya yang dalam hari ini 340.000 rupiah... Kok besar pps laman dripada Pendapatan tertaksir..
Jadi kan yang d transfer nanti pemdapatan tertaksir kan?
Jd yang pps laman kemana?

Pembayaran yg dibayarkan adalah yg tertera dalam penghasilan tertaksir, biasanya google butuh waktu 3 minggu utk melakukan Validitas Jumlah pembayaran, apakah dari total pembayaran tertaksir ada tindakan Invalid (tidak sah) PPS hanyalah perkiraan pendapatan per seribu tayang, utk menghitung pendapatan silahakn menggunakan rumus diatas, namun perlu diingat itu hanyalah perkiraan

jadi kalau misalkan tayangan dalam sehari tidak mencapai seribu bagaimana? apa di kalkulasikan ya jumlah untuk besok nya...?

Mau tanya kok penghasilan tertaksir adsense selalu kosong padahal di YouTube ada. Terus bagaimana cara cairkan penghasilan YouTube, terimakasih

Minimal pendapatan di youtube adalah 10 $

Bermanfaat gan buat ane Artikelnya
Kalo minat kunjungi blog saya
www.fachrismart.blogspot.com

masih belum ngeri, maklum newbie :(

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon