17 April 2016

Nikmatnya Soto Moneter Khas Yogyakarta

Taugitu.com, Siapa yang tak tau kota Yogyakarta, kota dengan seribu julukan. Keistimewaan Yogyakarta memang bukan hanya sekedar sebutan saja, selain sistem pemerintahannya, ternyata yogyakarta memang memiliki banyak keistimewaan, dari keseniannya, tempat wisata, adat budayanya, dan tak ketinggalan kulinernya. Nah kali ini saya akan sedikit berbagi salah satu kuliner yang patut traveler cicipi saat berkunjung ke kota Jogjakarta.

Jogja memiliki salah satu sebutan sebagai kota Gudeg, karena citarasa gudeg dari kota ini yang khas dan gag ada tandingannya. Tapi kali ini saya nggak akan bahas tentang gudeg, tapi membahas salah satu kuliner yang bernama Soto. Soto ? Ya Soto Moneter namanya, diberi nama soto moneter karena warung yang menjual soto ini didirikan saat krisis moneter melanda negeri ini, yang menyebabkan Indonesia ketika itu mengalami krisis ekonomi. Nah selain dari namanya yang unik, ternyata harga semangkok soto meneter amat sangat murah yaitu Rp. 8.000/porsi untuk soto daging ayam, dan Rp. 9.000/porsi untuk semangkok soto daging sapi. Selain itu warung Soto Moneter juga menyajikan menu tengleng mentok, mentok adalah sebutan angsa di daerah Jogja dan Jawa Tengah.

Yang berbeda dari soto moneter dari soto lainnya adalah, soto ini dilengkapi dengan lentok, lentok adalah ubi kayu / singkong yang rebus kemudian dicampur bumbu khusus, dibentuk bulat seperti perkedel dan digoreng.


Soto Moneter


Citarasa dari soto ini bisa dibilang Maknyuss bagi lidah penikmatnya, traveler wajib nyiapin tisu saat menyantapnya, karena dijamin bakal keluar tuh keringet saat menikmati kuliner berkuah ini, disajiin panas, ditaburi daun kemangi, jeruk nipis dan juga lentok, terus ditambahin sambel ama kecap. wuihh bener-bener seger. Selain itu disediakan pula lauk pendamping lainnya, yaitu tempe mendoan dan sate usus ayam.

Dari omongan temen dari sulawesi, pas pertama kali aku ajak nyicipin soto ini, dia langsung komen. "Mas, baru pertama kali ini, saya makan soto enak dan manteb banget dilidah" Temenku itu gag biasa makan soto, makan soto ya kalo kepepet, di negeri asalnya sulawesi sono, ia biasa makan coto atau konro dan ikan bakar, yang biasanya disajikan dengan kuah kental. Makanya sedikit heran pas dia bilang sotonya bener-bener enak. 

Jika para traveler penasaran dan ingin mencicipi soto meneter, ada baiknya datang sebelum jam istirahat kerja, yaitu sekitar pukul 10 pagi atau sebelum jam 12 siang, karena saat jam istirahat kantor, warung ini dipadati para pelanggannya, dan harus mengantri. Warung ini buka sekitar pukul 10 pagi, dan biasanya akan habis dalam waktu 3-4 jam. Warung Soto Moneter terletak di Jalan Ringroad Selatan, tepatnya sekitar 120 meter setelah perempatan ringroad kota gede (dari arah selatan). Jika traveler dari arah jembatan layang Janti (utara), belok ke arah Rumah Sakit Angkatan Udara Adi Sucipto, lurus ikuti jalan, setelah melewati Perempatan antara Ringroad Selatan dan Jl. Raya Wonosari tetaplah lurus sekitar 350 meter, warung Soto Moneter terletak di sisi sebelah kanan atau sebelah kiri dari arah selatan (perempatan ringroad Kotagede)

Selamat Bertraveling.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon