03 April 2015

Dapatkan Penghasilan Dengan Menjadi Publisher Iklan Di Internet

Taugitu.com, - Bagi kamu yang sering menggunakan Internet dan melakukan browsing, pastinya sering menjumpai iklan yang muncul pada situs yang kamu kunjungi, entah iklan berupa tawaran produk kebutuhan rumah tangga, beasiswa, hingga jasa pengelolaan website dan semacamnya.  Iklan iklan tersebut tidak muncul dengan sendirinya, iklan tersebut muncul karena sang pemilik atau pengelola situs telah melakukan pemasangan script pada ruang situs yang dikelolanya, sehingga iklan dapat muncul pada halaman situs, dan iklan yang muncul beraneka ragam, jika pemilik situs memasang iklan tertentu dari sebuah perusahaan maka iklan hanya akan muncul dari perusahaan tersebut, namun jika sang pemilik memasang script iklan umum, maka iklan yang muncul akan bergonta-ganti sesuai dengan isi situs (biasanya iklan yang muncul adalah iklan yang relevan dengan topik atau konten website/situs). Bagi pemilik situs yang menyediakan ruang iklan dalam situs miliknya dalam dunia periklanan disebut dengan Penerbit atau Publisher, sedangkan pihak yang menggunakan jasa Publisher untuk mempromosikan produk atau jasa disebut Advertisers. advertisers biasa juga disebut pihak yang menyediakan iklan bagi Publisher.

Lantas, apa keuntungan dari munculnya iklan dalam situs ? Banyak keuntungan dari munculnya iklan dalam situs / website bagi sang Publisher, diantaranya adalah Publisher akan memperoleh uang / penghasilan dari munculnya iklan di situs miliknya dan situs yang menampilkan iklan terlihat lebih profesional dimata pengunjung. Lantas bagaimana advertiser membayar sang publisher ? Jika publihser dan Advertiser telah melakukan perjanjian kerjasama, sang publisher dapat langsung menerima pembayaran sebagaimana kontrak dalam perjanjian. Jika sang publisher menerima Iklan melalui pihak ketiga maka pihak ketigalah yang akan membayar Publisher dengan ketentuan yang telah disepakati. 

Bagaimana syarat menjadi Publisher ? syarat menjadi seorang publisher sangatlah mudah, yang perlu kamu siapkan hanyalah Niat, Usaha, dan Doa ! sederhana  bukan !! ketiga modal tersebut sangat berkaitan dan saling menentukan sukses atau tidaknya kamu menjadi publisher. 

Niat, sebelum kamu menjadi publihser, kamu harus mempunyai niat atau kemauan yang kuat, niat dibutuhkan sebagai bahan bakar kita dalam melakukan suatu usaha atau pekerjaan. Usaha, Ya, setelah kamu benar - benar mempunyai niat, maka kamu harus mewujudkannya melalui usaha, usaha yang dibutuhkan untuk menjadi seorang publisher adalah, kamu harus mempunyai situs ( bisa berupa website resmi ataupun blog pribadi). Situs yang harus kamu miliki tidak harus situs berbayar, kamu dapat memperolehnya secara gratis. Misalkan kamu bisa membuat blog secara gratis menggunakan blogspot yang disediakan oleh google dengan hanya memiliki akun google, ataupun kamu bisa membuat situs lain semacam wordpress, selain harus memiliki situs, kamu juga bisa menjadi publisher melalui video yang diupload di youtube, dengan kata lain kamu harus mempunyai akun di situs youtube Memiliki situs ataupun akun youtube diibaratkan sebagai kendaraan ataupun ladang bagi publisher untuk mengakut penumpang atau menanam  tanaman yang kelak akan dipanen, selain itu perangkat lain yang dibutuhkan adalah laptop atau handphone yang bisa terkoneksi internet, yang digunakan untuk mengupload hasil karya kamu baik tulisan, gambar maupun video. (semua cara tersebut akan saya bahas pada artikel berikutnya). Doa, setelah kita berniat dan berusaha, maka jalan terakhir adalah berdoa, berdoalah kepada Tuhan sang maha pencipta dan pemberi rizki karena Dialah sang maha penentu, sebesar apapun usaha kamu tanpa berdoa semua akan sia-sia. 

Raih Ratusan Juta Dengan Menjadi Publisher.
Mungkin kamu berpikir, saya terlalu melebih-lebihkan jika seorang publiher akan mampu meraih uang ratusan juta setiap bulan hanya dengan memasang iklan di situs miliknya ! Tentu tidak, saya tidak melebih-lebihkan ataupun berbohong, karena berbohong itu Dosa he he !! kamu mungkin pernah mengunjungi situs berita online detik.news, kompas.com ataupun kaskus indonesia. Ya, ketiga situs tersebut adalah tiga dari jutaan publisher di dunia, dari data yang pernah saya dapatkan, ketiga situs tersebut mampu memperoleh ratusan juta hingga milyaran rupiah setiap bulannya dari iklan yang muncul di situs mereka! gag percaya ? silahkan browsing di internet mengenai situs indonesia dengan pendapatan tertinggi dari adsense. Pertanyaannya apakah kita bisa menjadi publisher dengan pendapatan seperti situs-situs tersebut ? jawabannya bisa, jika kamu bisa memanfaatkan kemampuan kamu dan mengajak teman kamu untuk bekerjasama mengelola situs kamu. Namun saya berpikir realistis, jangan pernah berharap bisa membunuh seekor badak dengan senapan angin, maksudnya jika kita ingin menjadi publisher mandiri (perorangan), maka berpikirlah realistis besarnya penghasilan yang akan kita terima dari publisher. Namun tidak menutup kemungkinan, penghasilan yang akan kita dapatkan dari menjadi publisher mandiri melebihi gaji seorang direktur, saya contohkan salah satu publisher sukses Indonesia, Namanya mas Eka Lesmana, dia hanyalah tamatan SMP yang dulunya hanyalah seorang tukang angon bebek dan sales barang-barang rumah tangga. namun hanya butuh waktu sekitar 2 tahun dan iapun mampu memperoleh penghasilan 120 juta perbulan dari menjadi seorang publisher. ( baca : http://jateng.tribunnews.com/2015/02/23/eka-kini-jutawan-setelah-berhenti-angon-bebek-lalu-bergabung-google-adsense ) 

Enaknya Menjadi Publisher.
Menjadi publisher itu adalah pekerjaan yang nyaman dan santai, kenapa demikian ? ya karena kamu tidak harus bekerja siang malam, ataupun dituntut harus bekerja sesuai jadwal seperti bekerja di kantor. Bagi sebagian orang, menjadi Publisher dijadikan sebagai pekerjaan utama, namun lebih banyak pekerjaan sebagai publisher hanyalah sebagai pekerjaan sampingan, karena mulai dari orang yang berkerja kantoran, ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, bahkan buruh sekalipun bisa menjadi publisher. Sebagaimana yang telah saya tuliskan diatas, modal menjadi publisher hanyalah mempunyai sebuah situs, baik website, blog ataupun akun youtube. kamu bisa bekerja kapanpun, ketika kamu mempunyai sebuah ide, pengetahuan dan pengalaman baru, kamu dapat menuliskannya kapanpun dan dimanapun. Tidak seperti seorang yang bekerja di lapangan, membawa barang, menawarkan kesana - kemari, panas hujan, becek gag ada ojek.. bahkan kamu tidak perlu merayu secara langsung pelanggan untuk menawarkan produk anda. Namun, saya tidak mengatakan bahwa merayu atau berpromosi bagi publisher itu tidak penting, karena promosi secara langsung maupun tidak akan berpengaruh terhadap pendapatan kita. (akan saya bahas pada artikel selanjutnya). Kamu tetap dapat bekerja dengan pekerjaan utama kamu, dan dapat meluangkan waktu 10 - 60 menit untuk bekerja sebagai publisher.

Iklan Yang Relevan
Contoh iklan yang relevan muncul dalam artikel
Bagaimana caranya publisher dibayar ? mungkin inilah pertanyaan yang sering muncul dibenak kita, setiap Advertisers mempunyai cara menghitung besarnya penghasilan yang akan diperoleh oleh publisher, dari munculnya iklan di situs milik publisher. Perlu diketahui bahwa tidak semua iklan yang muncul dalam situs akan dibayar, iklan yang dibayar hanyalah jika iklan tersebut mendapatkan klik dari pengunjung situs, besarnya bayaran iklan bervariasi, ada yang hanya Rp. 100 per klik bahkan ada yang mencapai Rp. 120 ribu / klik. jika penghasilan yang kita peroleh telah mencapai ambang batas (batas pembayaran) maka kita akan segera memperoleh bayaran, untuk cara pembayarannyapun kini cukup mudah dan bervariasi, bisa melalui transver bank, Western Union, dan pengiriman lainnya sesuai yang telah ditentukan oleh perusahaan Advertisers. Lantas bagaimana agar pengunjung melakukan klik iklan ? agar pengunjung tertarik melakukan klik iklan, maka buatlah konten/isi blog yang original (karya sendiri) dan spesifik. sebagai contoh jika kamu mempunyai situs yang membahas masalah kesehatan, dan dalam artikel, kamu banyak menulis tentang kesehatan jantung, mata, hati, ibu hamil dan lain-lain. maka iklan yang akan muncul adalah iklan yang berhubungan dengan artikel yang kamu tulis, dengan demikian ketika pengunjung membaca artikel kamu, maka akan ada iklan yang muncul berkaitan dengan kesehatan, biasanya gambar / tulisan dalam iklan adalah sesuatu yang menarik, berkaitan erat dengan promosi dan solusi, dengan demikian, peluang pengunjung melakukan klik iklan lebih besar dibandingkan dengan iklan yang muncul tidak relevan dengan konten.

Di situs mana kita dapat mendaftarkan diri menjadi Publisher ? banyak situs atau Advertisers tempat mendaftarkan situs kita menjadi Publisher, di indonesia misalnya ada situs kliksaya[dot]com, adsensecamp dan yang paling terkenal adalah Situs Adsense milik Google yaitu Google Adsense di www.adsense.com. Saya merekomendasikan kamu yang ingin menjadi Publisher mendaftar sebagai penerbit iklan di Google Adsense ! kenapa demikian, alasan saya yaitu karena Google adalah Perusahaan yang besar berkelas Internasional, perusahaan ini telah melayani pengguna di seluruh dunia, google adalah perusahaan terpercaya yang mempunyai reputasi baik, serta mempunyai jangkauan yang luas, sehingga jika kamu menjadi publisher google adsense, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan iklan dari perusahaan diluar negeri yang mempunyai nilai bayaran yang tinggi perklik iklan. Jika kamu berminat menjadi seorang publiher di Google Adsense, kamu bisa langsung mendaftar, dengan terlebih dahulu memenuhi syarat yang telah saya tuliskan diatas. Untuk pembahasan secara detailnya akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Semoga Bermanfaat !!

18 komentar

artikelnya bagus dan sangat bermanfaat ! saya tunggu artikel selanjutnya

Aduh.. bang, bang saipullah kayaknya lebih senior deh hahaha. sy sering ngunjungi web punya abang kok . sukses buat bang saipullah

Saya sangat berterima kasih atas di sharenya artikel ini, beberapa dari isis penjelasan di atas membuat saya paham akan baiknya menjadi publisher

Terima kasih semoga bermanfaat untuk semua orang

terima kasih atas kunjungannya

Sya bingung ngisi data dirinya klo di youtube'r itu 😃 ,, mnta pncerahan mas hihi

data diri diisi saat membuat prtama kali akun,, jika sudah diterima bisa dirubah kok akun profilnya, masuk ke adsense pilih menu seting/pengaturan

Mksh y mas untuk artikelnya...semoga bermamfaaf.sukses slalu mas

Sangat Membatu sekali Mas Artikelnya... Sukses terus mas

makasih ilmunya bisa nambah wawasan

Mantap gan. Slam dri saya newbie. Xixixi

Mantap gan infonya, jejak juga http://semuadaku.blogspot.com
menjadi publisher sangat cocok untuk blog trafik rendah

Mantap gan infonya, jejak juga http://semuadaku.blogspot.com
menjadi publisher sangat cocok untuk blog trafik rendah

mantap gan website nya , jangan lupa mampir ke website ane http://www.infowisatadankuliner.com/

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon