10 February 2016

Mengobati Dan Mencegah Keracunan Pada Burung Merpati

Taugitu.com, - Keracunan pada burung merpati adalah salah satu hal yang ditakutkan oleh para pemilik, keracunan dapat disebabkan oleh banyak faktor, biasanya terjadi karena pemberian makanan dan minuman yang tidak steril, dapat juga karena pemberian obat yang berlebihan. 

Keracunan pada burung merpati dapat terjadi jika makanan dan minuman yang dikonsumsi merpati telah terinveksi virus, bakteri ataupun zat kimia lain, dapat juga disebabkan karena pemberian obat yang berlebihan / over dosis. Biasanya burung merpati yang mengalami keracunan akan terlihat lesu, hilang nafsu makan dan minum, serta ditandai mata sayu, dan bulu yang mengembang, selain itu gejala yang mudah dilihat adalah burung biasanya akan muntah, dan tembolok yang membesar / kembung disebbakan makanan tidak dapat dicerna karena sistem antibodi pada tubuh bereaksi terhadap racun.

Merpati Keracunan

Berdasarkan pengalaman saya, mengatasi burung merpati yang mengalami keracunan memang butuh ketelatenan dan kehati-hatian, jiak salah memberi obat, justru akan menyebabkan kematian. namun ada langkah-langkah yang dapat dilakukan sebelum dilakukan pengobatan lebih lanjut, berikut pengalaman saya mengatasi keracunan pada burung merpati : 
  • Pisahkan merpati yang mengalami keracunan
  • Sediakan air hangat, sebaiknya air yang telah masak
  • Sediakan spet / spuit / suntikan tanpa jarum.

Caranya adalah sebagai berikut


Isi spuit dengan air hangat sekitar 100 ml, suapkan air hangat ke dalam mulut merpati dengan posisi leher tegak ketas, usahakan agar seluruh air masuk ke tembolok, pijat secara perlahan tembolok burung, kemudian jungkir burung dengan posisi ekor ditas dan kepala dibawah, pijat secara perlahan tembolok agar seluruh makanan pada tembolok keluar, ulangi 2-3 kali, hingga tembolok benar-benar bersih, namun anda juga harus memperhatikan kondisi burung, jika kondisi burung sudah kritis, lakukan sekali saja dan ulangi jika kondisi burung berangsur membaik, usahakan tempat burung terkena sinar matahari pagi. dan jika kondisi burung membaik, berikan obat antibiotik seperti tetra chlor ataupun sulfamin.
Cara mencegah keracunan
Memang tidak mudah mengontrol jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi burung merpati, terlebih jika burung kita umbar, namun ada beberapa cara yang dapat kita lakukan sebagai tindakan pencegahan agar burung tidak terkena mengalami keracunan
  • Sediakan makanan dan minuman yang bersih dan sehat menggunakan wadah yang bersih.
  • Gunakan wadah khusus tempat pakan dan minuman, pilih tempat pakan/minum yang mencegah berak/kotoran burung tercampur masuk ke dalam pakan/air minum.
  • Campurkan obat antibiotik kedalam makanan/air minum sebagai pencehagan minimal seminggu sekali.
  • Hindarkan kandang burung dari lokasi yang berdekatan dengan benda atau zat bebau tajam, seperti gas dan juga tempat sampah yang menghasilkan gas.
  • Hindari memberikan obat secara berlebihan dan bermacam-macam jenis, akrena dapat menyebakan keracunan dan over dosis.
  • Selalu jaga kebersihan kandang, dan jangan lupa menyemprot kandang dengan antispetik minimal sebulan sekali.

Semoga bermanfaat, dan sukses beternak

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon