30 April 2015

Tampilan Seluler Pengaruhi Peringkat Blog

Taugitu.com, - Bagi anda pengguna blogger dan juga Google AdSense, tentu pernah mendapatkan pesan seperti berikut di beranda webmaster ataupun di beranda akun Google AdSense "Kesesuaian situs Anda untuk seluler sekarang dipertimbangkan sebagai sinyal penentuan peringkat Google Penelusuran". lantas apa maksud dari pesan tersebut ? apakah berpengaruh pada peringkat dan jumlah pengunjung blog kita ? tentunya ada.

Pesan tersebut adalah pesan pengingat kepada para pengguna layanan google / blogger, agar memperhatikan template / tampilan yang digunakan pada blog / situs yang dikelolanya. Anjuran yang ada pada pesan tersebut menganjurkan setiap pengelola blog / situs menyesuaikan tampilan dengan jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses, yaitu mengaktifkan tampilan seluler / mobile friendly, selain dari tampilan dekstop, karena dengan mengaktifkan tampilan seluler akan berpengaruh pada peringkat hasil pencarian di mesin pencari google / google search engine.

Tampilan dektop dan seluler taugitu.com
Tampilan Versi Dektop dan Versi Seluler
Mengaktifkan tampilan blog / situs agar dapat menyesuaikan dengan tampilan seluler akan membantu optimalisasi kinerja mesin pencari dan juga blog / situs itu sendiri, selain itu tampilan seluler juga akan membantu mengoptimasi kinerja Google AdSense, dan tentunya akan berpengaruh pada besarnya jumlah pendapatan dari Google Adsense, silahkan baca Panduan Penerapan Multiperangkat AdSense. bagi anda yang belum atau tidak mengaktifkan tampilan seluler, maka segeralah mengaktifkannya, untuk mengaktifkan silahkan masuk ke http://www.blogger.com >> template >> seluler dan pilih Ya untuk mengaktifkan tampilan seluler. Namun jika anda telah menggunakan template responsif tentunya tidak ada masalah, karena telah menyesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan, termasuk perangkat seluler, tetapi ada baiknya kita tetap melakukan pengujian terlebih dahulu tampilan template blog/situs kita menggunakan tool pengujian situs mobile friendly yang disediakan oleh google, untuk mengujinya silahkan mengunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly kemudian masukkan alamat url blog / situs kita, setelah itu klik analisis, silahkan lihat hasilnya. Untuk melihat hasil kinerja dan kebugaran tampilan seluler blog / situs kita, silahkan masuk ke Alat Webmaster >> pilih dan klik situs anda, kemudian pilih Lalu Lintas Penelusuran >> Kebergunaan Seluler dan silahkan lihat laporannya. namun jika anda belum mendaftarkan situs anda ke alat Webmaster, silahkan kunjungi https://www.google.com/webmasters dan login menggunakan akun google anda, pilih tambahkan situs >> masukkan alamat url blog / situs anda, dan klik terus/ lanjut. namun, jika anda baru saja mendaftar, anda tidak langsung bisa mendapatkan laporan, alat google webmaster membutuhkan waktu untuk merayapi dan mengindeks struktur dan artikel blog anda,.

Kesimpulan, : 
Dengan mengaktifkan tampilan seluler pada blog / situs kita, akan memberi pengaruh pada peringkat blog/situs pada hasil penelusuran google, mengaktifkan tampilan seluler akan mempermudah para user mengakses blog/situs kita  dan tentunya akan berpengaruh juga pada jumlah pengunjung blog dan secara tidak langsung berpengaruh juga pada besarnya pendapatan Google AdSense, anda juga dapat menguji kecepatan blog/situs versi seluler menggunakan Alat Pagespeed Insights dari google.  demikian artikel tentang Tampilan Seluler Pengaruhi Peringkat Blog, semoga bermanfaat.

4 komentar

brarti tampilan harus bisa hi hp ya. emang sih pas saya lihat dr hp jika susah jadi males bacanya. kudu dibesarkan, dikecilkan. jadi ribet

Tepat sekali., tampilan situs versi seluler sangatlah penting, guna memudahkan pengunjung mengakses situs tsbt, yang secara tidak langsung juga berpengaruh pada jumlah pengunjung.

Bener banget gan... tampilan tema harus friendly...

Setuju mas Dedy. hal tsbt untuk mengimbangi setiap kemajuan teknologi perangkat yang digunakan mengkases internet

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon