28 April 2015

Perbedaan, Keuntungan Dan Kelemahan Domain TLD Dan Blogspot

Taugitu.com, - Apa itu domain TLD dan perbedaannya dengan domain blogspot ? sebenarnya sudah banyak situs yang membahas pengertian tentang domain TLD, dan dapat saya simpulkan bahwa domain TLD atau Top Level Domain, adalah akhiran pada nama domain yang mengindikasikan pemilik dan jenis domain. misalkan .gov (goverment atau pemerintah), org. (organisasi non profit), mil (militer), edu (pendidikan), tv (televisi), com (komersil) dan masih banyak lagi seperti domain lokal web.id, co.id, go.id dll, biasanya domain ini disediakan oleh pihak ketiga, sedangkan Domain blogspot adalah domain yang diberikan secara gratis oleh layanan google / blogger, sebagai indikasi bahwa domain tersebut dimiliki oleh google.

Perbedaan lainnya, yaitu situs yang menggunakan domain TLD, dapat mempermudah pengunjung  mendapatkan informasi jenis situs, selain dari nama situs itu sendiri, sedangkan jika menggunakan domain blogspot, pengunjung bergantung pada deskripsi hasil penelusuran dan mesin pencari, karena terkadang nama situs tidak semuanya dapat menggambarkan jenis informasi konten situs. Kita dapat mudah menyimpulkan bahwa situs dengan domain go.id, adalah milik pemerintah dan informasi yang disajikannyapun terkait erat dengan pemerintahan, sedangkan jika situs menggunakan domain blogspot, maka kita harus membuka domain tersebut untuk mengetahui jenis konten, namun adakalanya pula pemilik situs blogspot mencantumkan nama blog, sesuai jenis niche / topik blog.

Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan Situs TLD dan Blogspot

Keuntungan self Hosting dan domain TLD
Dari pengamatan saya pribadi dan juga beberapa artikel yang saya baca, diantara beberapa keuntungan menggunakan domain TLD dan Blogspot yaitu :

  1. Menggunakan hosting dan domain TLD akan mempunyai reputasi yang baik di mata blogsphere, mungkin ini sedikit konyol, tapi begitulah kenyataannya, para pengunjung akan lebih mempercayai situs dengan domain TLD dibandingkan dengan situs domain gratisan, 
  2. Situs dengan domain TLD mempunyai kesan Profesional, karena secara tidak langsung, penggunaan domain TLD memberikan padangan bagi para pengunjung, bahwa situs tersebut di kelola secara serius dan profesional, meskipun hal itu tidak mutlak kebenarannya. 
  3. Penggunaan domain TLD akan lebih memudahkan pengunjung mengingat nama situs, selain itu pula menurut banyak pakar SEO, penggunaan nama domain TLD juga berpeluang besar menguasai hasil SERP, meskipun hal tersebut juga tidak selalu benar karena semua tergantung optimasi SEO situs masing-masing.

Kelemahan self Hosting dan domain TLD

Kelemahan Domain TLD sebenarnya sangat minim, salah satunya untuk mendapatkannya kita harus merogoh kocek alias membeli, harganyapun bervariasi, namun untuk situs yang telah dikelola secara profesional dan mampu menghasilkan rupiah dari internet, tentunya itu bukan menjadi masalah, kelemahan yang lainnya, kita bergantung pada penyedia jasa Hosting dan Domain, ketika server utama mati, otomatis situs kita juga tidak dapat diakses, bahkan jika harus diadakan maintenance server utama, kita bisa menunggu berhari-hari, ditambah jika customer servisnya gag mau tau dan cuek, bikin kesel hati.

Menggunakan domain Blogspot juga mempunyai keuntungan tersendiri, untuk mendapatkannya Gratis alias gag harus beli, blogspot adalah domain milik google yang mendapat prioritas utama di search engine google, menggunakan domain blogspot berarti kita memakai blogger, blogger sangat mudah dimaintenance dan banyak tutorial yang membahas tentang management blogger, namun ada beberapa kelemahan memakai domain dari blogspot, karena kita harus selalu tunduk pada ketentuan google / blogger, melakukan salah satu pelanggaran, blog kita kemungkujan akan di banned ataupun dinonaktifkan, fitur yang dimiliki blogger terbatas dan tidak selengkap dengan situs yang lain, seperti joomla, drupal dan wordpress.org. Namun bukan berarti situs dengan domain TLD tidak akan di banned, situs domain blogspot yang telah di rubah dengan domain TLD juga rawan dibanned, karena sebenarnya kita hanya mengalihkan/merubah alamat url/domain saja, tanpa meninggalkan rumah (blogger). jika tetap mau aman dan terus dapat mengembangkan situs kita tanpa rasa was-was, maka kita harus membeli hosting dan domain sendiri.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Perbedaan, Keuntungan Dan Kelemahan Domain TLD Dan Blogspot

6 komentar

Ada masing-masing keuntungan dan kelemahannya ya, ini bisa menjadi pertimbangan ketika akan berpindah domain. Sementara ini, saya masih menggunakan domain Blogspot soalnya gratis.

Cuma ya itu harus hati-hati dalam posting artikel, kalau tidak ya kena banned. Tapi kalo boleh saran, dibuat jadi beberapa angka dong jadi biar enak bacanya, jadi tiap-tiap sub bab biar enak baca bahasannya, tapi jujur artikelnya membantu banget.

Terimakasih atas kunjungan dan sarannya om, Insya ALLAH segera diperbaiki . . .

Terimakasih atas kunjungan dan sarannya om, Insya ALLAH segera diperbaiki . . .

maaf bos masih baru di dunia blogging.
apa beda domain tld yang plus sewa hosting dengan yang hostingnya tetap di blogger?
apakah keduanya bisa tetap menggunakan konten yang ada di blogspot?
Dan terakhir tentang Adsense bos, apakah kita harus daftar ulang jika sudah menggunakan domain TLD? maaf ya bos banyak nanya, masih butuh banyak belajar dan pencerahan...
Salam kenal

Mungkin maksud anda perbedaan menggunakan hosting sendiri dan domain tld, dengan hosting platform blogger namun merubahnya dengan domain tld ? Perbedaanya adalah pada hosting itu sendiri, jika kita menggunakan joomla ataupun drupal, maka kita harus menyewa hosting dan membeli domain tld sendiri, sederhananya hosting itu seperti hardisk, kita membutuhkannya utk memanajemen situs dan menyimpan seluruh konten situs kita, seperti artikel gambar dan video, namun jika kita tetap menggunakan blogger, kita hanya perlu membeli domain TLD, karena blogger memberi kita hosting gratis, namun jelas ada perbedaan yg sangat signifikan, jika menyewa hosting dan menggunakan platform selain blogger, kita akan dapat memaksimalkan fitur fitur situs sesuai dengan platform yg digunakaan, entah wordpress, joomla ataupun drupal, namun jika kita tetap berplatform blogger dan hanya merubah url nya ke dimain TLD semisal dotcom. Atau dot co.id, maka kita jg hanya akan mendapatkan fitur standard dari blogger

Mengenai adsense, jika anda telah mempunyaibakun hosted maka anda harus mengupgrade ke akun non hosted, namun jika belum memiliki akun, maka anda bisa mendaftarkan langsung, namun jika menggunakan domain tld, maka utk bisa diterima relatif lbh sulit dibandingkan menggunakan domain blogspot.com.

Terima kasih, semoga membantu

wah baru tau gan ane terimakasih yach atas informasinya bermanfaat banget dan menambah wawasan salam kenal aja dari musikzafran blog pemula dari sumatera selatan....

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon