24 May 2015

Manfaat Kritik Pembaca Bagi Blog

Taugitu.com, Anda pernah menerima kritikan ? Lantas bagaimana reaksi anda ? Kritik, adalah suatu tanggapan atas sesuatu hal yang bertujuan untuk menanggapi, mengevaluasi untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi bahkan untuk meningkatkan hasil pekerjaan. Kritik tak selamanya buruk bagi kita, karena Kritik itu jika ditanggapi secara baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Dalam dunia blogging, kritik umumnya diberikan oleh para pembaca, pembaca menjadi salah satu hal terpenting, sebagai tolak ukur kesuksesan dalam menekuni dunia blog.

Kritik seringkali disalahartikan oleh kebanyakan orang, bagi pemilik blog misalnya, kritik juga dianggap sebagai bentuk penyerangan, ketidaksetujuan dan upaya mencari sebuah kelemahan, dari hal yang kita utarakan dalam konten blog, berbagai reaksi berbeda ditunjukkan oleh para pemilik konten maupun para komentator, ada yang membalas keras kritikan para komentator, adapula yang tidak menggubris sama sekali, bahkan melakukan blokir pada akun komentator, namun adapula yang menanggapi kritik dengan bijak, membalas dengan terima kasih, sopan, dan berjanji akan memperbaiki isi konten.

Ilutrasi Kritik

Apakah manfaat Kritik Bagi Blog ?
Jika anda mampu menanggapi secara bijak sebuah kritik, maka akan ada banyak manfaat yang didapatkan bagi kemajuan sebuah blog.

  • Memperbaiki Kesalahan. Kritik yang disampaikan oleh para pembaca / komentator umumnya bersifat menunjukkan suatu kekurangan dan argumen berbeda pada konten yang kita publish, jika kita bijak menanggapi kritik tersebut, maka hal tersebut dapat kita jadikan sebagai dorongan untuk berusaha memperbaiki kekurangan dan kesalahan konten pada blog kita. hal yang disampaikan pemberi kritik dapat kita jadikan bahan evaluasi, karena apa yang kita utarakan tidak selamanya benar dan sepaham dengan para pembaca.
  • Meningkatkan Kualitas Konten. Dengan adanya sebuah kritikan, maka dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk dapat menghasilkan konten yang lebih berkualitas dibandingkan dengan konten sebelumnya, kritik akan membuat kita lebih berhati-hati dan berusaha menghasilkan sesuatu yang lebih berkualitas, kritik juga dapat dijadikan sebagai referensi atau rambu - rambu setiap kita ingin membuat sebuah konten.
  • Menambah Jumlah Pengunjung Blog. Setiap kali menerima kritikan, cobalah melakukan evaluasi, tanggapi dengan cara yang baik dan berikan argumen kepada pembaca tentang kritik mereka, namun jika kita setuju, maka implementasikan kritik mereka ke dalam konten blog kita, dengan begitu, mereka yang memberikan kritik akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan, hal itu membuat mereka merasa puas, dan saya yakin mereka akan kembali mengunjungi blog kita.
  • Menambah Pengetahuan, setiap pengetahuan akan suatu hal tertentu bisa didapatkan seseorang dengan berbagai cara, membaca, berguru, sharing dengan orang lain, dari hasil pengalaman ataupun pengamatan, selain itu kritik yang ditanggapi dengan baik berarti kita senantiasa membuka diri terhadap kritik, kritik sebenarnya lebih banyak sisi positifnya karena munculnya sebuah kritik dilatarbelakangi pengamatan dari orang lain akan adanya kelemahan atau kekurangan terhadap blog kita, setiap kritik tentunya disertai alasan dan sebab sehingga sebuah kritik itu dimunculkan, pelajari setiap kritik yang datang, dengan melakukan pembenahan. 

Masih banyak lagi manfaat dari sebuah kritik bagi blog milik kita, senantiasalah berusaha menanggapi setiap kritikan dengan baik, jangan pernah menanggapi sebuah kritik secara ekstrim, membalas sebuah kritikan dengan cara salah hanya akan membuat pengunjung blog enggan kembali berkunjung, anggap setiap kritikan adalah sebuah wujud perhatian dari pembaca pada blog kita, yang akan menjadikan blog kita menjadi blog yang berkualitas.

Semoga bermanfaat

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon