02 June 2015

Pengunjung Blog Menurun Saat Libur

Taugitu.com, Lesu ! itu satu kata yang sepertinya bisa mewakili situasi hati saya saat melihat jumlah pengunjung blog yang selalu menurun saat hari libur. Emang ngaruh ? Ya faktanya seperti itu. Apakah semua situs juga mengalami penurunan pengunjung saat libur ? Saya kurang tau apakah situs mereka juga mengalami penurunan pengunjung seperti yang menimpa beberapa blog saya.

Banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya jumlah pengunjung situs, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal atau dari dalam situs kita sendiri misalkan konten dan cara kita melakukan optimasi SEO, sedangkan faktor Eksternal atau dari luar misalkan jumlah user pengguna internet. Terus kenapa situs saya saat hari libur selalu mengalami penurunan pengunjung ? Saya mencoba menganalisa penyebabnya. Dari beberapa hasil sharing saya di forum, ternyata tidak semua situs mengalami penurunan pengunjung, justru sebagian situs mereka naik drastis saat libur. (Hemm garuk-garuk kepala)

Grafik menurun
Waktu demi waktu saya mulai memahami penyebab blog milik saya selalu minim pengunjung saat libur, ternyata berkaitan erat dengan jenis konten atau artikel yang saya publikasikan. Misalnya salah satu blog saya yang banyak membahas masalah bidang pekerjaan yang saya tekuni sekarang, selalu ramai dikunjungi saat hari kerja, kenapa ? Karena pengunjung yang berminat dan mungkin membutuhkan informasi dari artikel yang saya posting adalah mereka yang bisa mengakses internet saat hari kerja, dan lebih memilih beristirahat saat hari libur. Memang sih blog saya itu bertopik seputar masalah pembinaan dan penegakan hukum, jadi saya berpikir realistis aja, karena saya bukan orang yang jago membuat sebuah artikel tentang topik hukum, saya hanya berusaha berbagi informasi kepada rekan yang seprofesi dengan saya.

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk menaikkan pengunjung ? Sebenarnya cukup mudah menaikkan jumlah pengunjung situs,  percaya atau tidak 80 persen jumlah pengunjung ditentukan oleh konten, selebihnya mungkin pada tampilan dan juga SEO lainnya. Jika sobat ingin menaikkan jumlah pengunjung maka buatlah konten situs yang kaya kategori, dan berusahalah mengikuti trend berita / artikel yang sedang populer. Cukup lakukan hal tersebut secara rutin dan konsisten, maka pengunjung anda meningkat jumlahnya dalam waktu singkat, karena situs sobat menjadi situs yang up to date. Mungkin sobat berpikir saya hanya menipu karena saya tidak melakukan hal tersebut terhadap blog saya sendiri. Perlu saya jelaskan, saya ini hanyalah blogger paruh waktu, ada kesempatan dan ide, saya tuangkan dalam tulisan, kalo gag ada ide ya saya gag nulis, karena tidak mudah menjadi seorang penulis blog yang handal dan menghasilkan tulisan serta materi yang berkualitas. Perlu tenaga ekstra untuk mewujudkan situs seperti yang saya sebutkan diatas, namun ada beberapa cara agar situs sobat menjadi sebuah situs kaya konten dan up to date, yaitu dengan bekerjasama antar sesama blogger, mengajak beberapa orang untuk bersama-sama mengelola situs. Semakin banyak orang yang sobat ajak bekerjasama, berarti semakin banyak pula ide dan karya yang dihasilkan dalam situs tersebut.

Namun jika sobat adalah blogger paruh waktu seperti saya, maka saya menyarankan untuk membuat konten yang mampu bertahan lama, bukan sebuah konten yang hanya booming sesaat, buat konten yang dapat dijadikan referensi meskipun konten tersebut dibaca setahun kemudian oleh pembaca, misalnya resep masakan. Yah konten semacam itu biasanya lebih tahan lama dan tidak akan kadaluarsa di mata para pembaca dan saya menyebutnya sebagai konten abadi. Berbeda jika sobat membuat konten masalah informasi lowongan kerja CPNS 2015, artikel sobat hanya berlaku saat konten itu dibuat dan habis masa berlakunya saat lowongan ditutup, konten semacam inilah yang sebenarnya banyak dicari pembaca namun tidak memiliki masa berlaku yang lama.

Nah jika ada dari sobat yang senasib dengan saya, mungkin bisa berbagi tentang pengalaman mengelola blog melalui kotak komrntar, dan semoga bisa memberi manfaat bagi sobat blogger lainnya.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon