7 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa ?

Taugitu.com, Kebersihan pangkal kesehatan, adalah sebuah pernyataan yang sering dijadikan sebuah motivasi agar masyarakat senantiasa berperilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan memang sangat penting demi menciptakan lingkungan hidup yang nyaman dan sehat bagi kehidupan  masyarakat.

Perilaku hidup sehat sebaiknya ditanamkan kepada setiap orang sejak dini, karena dari sanalah akan tercipta lingkungan mikro yang sehat yang mampu menjadi cikal bakal terwujudnya kebersihan lingkungan yang lebih makro dalam suatu negara.

Membiasakan perilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan, tidak hanya memberikan efek bagi kesehatan yang lebih baik, tetapi dari kegiatan tersebut dapat pula menghasilkan sumber kehidupan yang berkualitas dan lebih baik seperti tersedianya  air yang bersih dan udara yang segar. 

Para peneliti di Universitas Yale dan Universitas Columbia di Amerika Serikat berkolaborasi dengan Forum Ekonomi Dunia, untuk mengukur kebersihan dan keramahan lingkungan dari 180 negara di seluruh dunia. Untuk menyelesaikan tugas ini, mereka menciptakan Environmental Performance Index  atau Indeks Kinerja Lingkungan 

The Environmental Performance Index atau yang disingkat EPI, mengukur 32 indikator kinerja di 11 kategori yang berhubungan dengan dua tujuan kebijakan yang menyeluruh, meliputi ekosistem vitalitas dan kesehatan lingkungan. Kategori ini termasuk kualitas udara, air dan sanitasi,  keanekaragaman hayati dan habitat, dan keberlanjutan. 

Dari hasil pengukuran tersebut, didapatkan urutan daftar negara dari negara  dengan tingkat kebersihan tertinggi sampai dengan terendah.

Berikut adalah 7 Negara Terbersih Di Dunia.


1. Denmark

Kota Kopenhagen, kota terindah di denmark

Denmark memiliki populasi sekitar 5.819.910 jiwa pada tahun 2021, dengan luas wilayah 42.933 km²,  negara yang berada di Eropa Utara ini memperoleh total skor EPI 82,5, Denmark adalah negara terbersih dan paling ramah lingkungan di tahun 2020. Denmark menonjol karena skornya yang tinggi dalam beberapa kategori, termasuk Pengolahan Air Limbah (100), Pengelolaan Limbah (99,8), dan Indeks Perlindungan Spesies (100). 

Denmark juga memiliki beberapa kebijakan dunia yang paling komprehensif dan efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Fokus Denmark pada keberlanjutan menunjukkan peningkatan jumlah hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik di negara itu.

2. Luksemburg

Luksemburg, Negara terbersih kedua didunia

Luksemburg adalah negara yang berbatasan langsung dengan wialyah negara  Perancis, Jerman dan Belgia, merupakan negara dengan penduduk paling sedikit di benua eropa, yaitu sekitar 637.664 jiwa dan menghuni wilayah seluas 2.586 km².

Wilayah Luksemburg mayoritas adalah pedesaan dengan hutan lebat dan taman alam yang luas, luksemburg memperoleh total skor EPI 82,3. Skor tertinggi dipperoleh dari pengelolaan Sanitasi (100), air minum (97,7) dan emisi polusi (100)

3. Swiss

Swiss, Negara Terbersih Ketiga Di Dunia

Swiss adalah negara terbersih ketiga di dunia, dengan skor EPI keseluruhan 81,5. Swiss mendapat skor sangat tinggi untuk Air Minum (100) dan Sanitasi (100), dan menyamai skor sempurna Denmark dalam Indeks Perlindungan Spesies. Mungkin tidak mengherankan, Swiss dikenal dengan air bersih dan satwa liarnya yang melimpah.

Swiss merupakan Negara di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di utara, Prancis di barat, Italia di selatan, Liechtenstein dan Austria di timur memiliki jumlah penduduk sekitar 8.735.102 jiwa, Wilayah Swiss mayoritas di dominasi oleh pegunungan Alpen.

4. Inggris Raya

United Kingdom atau Inggris Raya, dinobatkan menjadi negara terbersih keempat di dunia

Inggris Raya atau United Kingdom terdiri dari wilayah  Britania Raya dan Irlandia bagian utara, di mana terdiri dari empat negara, yakni Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara
Negara dengan  luas wilayah 241.930 km², dinobatkan menjadi negara terbersih keempat di dunia, menerima EPI 81,3. Skor ini mengesankan, mengingat populasi negara itu 68 juta jiwa. Inggris Raya memiliki nilai sempurna untuk Air Minum, Sanitasi, dan Emisi Polusi.

5. Prancis

Perancis

Negara yang beribukota di Paris ini terkenal akan fashionnya, sehingga dijadikan sebagai kiblat negara lain dalam hal fashion, hal tersebut tidak lepas dari lahirnya para desainer-desainer  handal dari negara ini, selain itu Prancis juga dikenal sebagai kota industri, industri di Prancis 80 % mengunakan energi tenaga nuklir yang mampu mengurangi emisi karbon yang cukup signifikan, maka tak heran jika prancis dinobatkan menjadi negara terbersih kelima di dunia.

Selain itu pengelolaan sanitasi air dengan membangun turbin di sepanjang aliran sungainya turut mendukung mengurangi pencemaran lingkungan

6. Austria

Austria dinobatkan menjadi negara keenam terbersih di dunia

Austria dinobatkan menjadi negara terbersih keenam di dunia, negara yang merupakan bagian dari benua eropa  bagian tengah ini memperoleh skor EPI 79,6.
Negara yang 2/3 nya adalah wilayah hutan lebat dan padang rumput ini, memberlakukan aturan ketat terhadap penggunaan pestisida dan pupuk kimia, selain itu Austria juga dikenal sebagai negara yang paling ketat mengatur standar pengelolaan limbah, bahan kimia dan standar polisi udara

7. Finlandia

Finlandia menempati peringkat ke tujuh Negara terbersih di dunia

Finlandia merupakan negara ketujuh yang mendapat predikat sebagai negara terbersih didunia, negara ini memperoleh skor EPI 78,9, hal tersebut tidak lepas dari usaha Finlandia dalam memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

Untuk memenuhi kebutuhan pokok warganya terkait energi, finlandia juga menggunakan sumber energi yang terbarukan seperti pengelolaan sampah menjadi biomassa dan penggunaan kincir angin untuk menghasilkan listrik

Ketujuh negara yang mendapat predikat sebagai negara terbersih di dunia, seluruhnya berada di benua Eropa, lantas di Posisi berapakah Indonesia dalam hal tingkat kebersihannya ?

Indonesia berada di rangking 116, jauh dibawah negara asean lainnya seperti Singapura yang berada di peringkat 39, Malaysia 68, Thailand di peringkat 78 dan Filipina di peringkat 111.

Sumber : epi.yale.ed, worldpopulationreview.com, wikipedia 

Lihat Video 

7 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa ? 7 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa ? Reviewed by Admin on October 25, 2021 Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

Powered by Blogger.