11 February 2015

Naikkan Pendapatan Adsense, Dengan Potensi Anda Dan Niche Blog

Taugitu.com, - Niche ! Adalah istilah yang sering digunakan oleh para blogger dalam menggambarkan isi blog yang mereka kelola. Kenapa demikian? Bagi saya, niche mampu membantu pengelola dalam memberikan informasi yang lebih spesifik mengulas suatu masalah lebih detail. Sedangkan bagi pengunjung blog penentuan niche suatu blog mampu membantu pengunjung ataupun pembaca lebih mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan. Jika digambarkan sebagai manusia, niche itu ibarat jati diri bagi manusia itu sendiri, sedangkan bagi pengunjung, niche itu ibarat ciri-ciri yang dimiliki manusia tersebut. Jadi orang yang bermaksud mencari anda, akan lebih mudah menemukan anda, karena mereka mengetahui ciri-ciri yang anda miliki, meskipun mereka belum pernah bertemu sebelumnya.

Saya juga menganggap, bahwa niche itu adalah topik utama, seorang penulis ataupun blogger akan lebih mudah mengisi konten pada blog yang dikelola karena sejak awal ia telah mempunyai tujuan dan sasaran pembuatan blog, ia tahu apa yang akan ia tuangkan untuk mengisi konten, dan ditujukan kepada siapa konten itu. Banyak para ahli blogger berpendapat, jika ingin membuat suatu blog, maka tentukanlah niche terlebih dahulu, saya setuju dengan pendapat tersebut, tapi perlu digaris bawahi, bahwa penentuan niche blog tidak menjamin blog akan sukses, saran saya selain penentuan niche, anda juga harus mempertimbangkan potensi dan pengetahuan yang anda miliki. Kenapa demikian? Ya, seorang dokter spesialis gigi akan selalu menerima pasien sakit gigi, dan memberikan pengobatan bagi orang yg menderita sakit gigi, karena ia memiliki pengetahuan spesialis penyakit gigi. Jika ia memaksakan membuka praktek dokter umum, maka tidak semua penyakit dapat dia obati, justru pilihan membuka praktek dokter umum lambat laun akan mengurangi jumlah kunjungan pasiennya. Jika dokter tersebut ingin tetap bekerja sebagai dokter spesialis namun dapat menarik pasien umum, maka bekerjasamalah dengan dokter spesialis lainnya dan membuka sebuah klinik.

Bingung

Kembali ke masalah niche, seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, ada baiknya sebelum membuat sebuah blog yang anda kelola secara pribadi, anda mengetahui kemampuan dan potensi diri kemudian bisa menentukan niche blog. Anda dapat dengan mudah mengisi konten, karena konten tersebut adalah berdasarkan teori yang dipadukan dengan pengalaman pribadi. Anda juga tidak harus bersusah payah mengarang sebuah konten dikarenakan tidak menguasai materi pembahasan. Jika anda adalah seorang montir, maka tulislah konten yang membahas seputar perbengkelan, yang menguraikan masalah komponen mesin, tips merawat mesin, ataupun solusi bagi kerusakan dan lain-lain.

Banyak Keuntungan Dari Penentuan Niche. Bagi blog yang memiliki niche tertentu, diantaranya :

Blog akan mudah terindeks search engine dan berada diposisi yang lebih baik.

Kenapa begitu, Mesin google itu dibuat untuk mengenali suatu kata kunci, dan kata kunci unik mempunyai posisi yang baik di search engine, Misalkan judul blog ber-niche kesehatan kuku, lalu anda mengisi konten dengan banyak mengulas masalah kesehatan, perawatan yang terkait masalah "kuku"  dan artikel yang satu dengan yang lain anda bua. saling berhubungan, maka otomatis artikel-artikel pada blog akan mudah dikenali dan ditemukan mesin pencari, dan jika keyword yang anda miliki lebih baik dan unik dari keyword yang dimiliki blog orang lain, maka blog anda akan ditempatkan diposisi teratas (berdasarkan pengalaman selama saya ngeblog). Diibaratkan, jika anda adalah seorang pegawai yang rajin masuk kantor, rajin bekerja dan mempunyai hubungan yang baik antar sesama pekerja, maka atasan anda akan memberikan posisi yang lebih baik untuk anda dibandingkan dengan pegawai lain yang malas bekerja. Seperti itulah cara kerja search engine, semakin banyak anda menulis konten dengan keyword tertentu, maka blog andapun akan mendapat posisi yg lebih baik daripada blog lain.

Menaikkan CPC Bagi Publisher Adsense

Salah satu tips menaikkan pendapatan adsense adalah dengan menaikkan jumlah visitor dan menaikkan CPC (Cost Per Click) atau bayaran per klik iklan. Berdasarkan pengalaman saya, CPC kita akan naik ketika iklan yang muncul diblog relevan dengan konten kita. Untuk mewujudkannya kita dapat mengisi konten blog dengan niche yang membahas masalah yang saling berkaitan satu sama lain dan mengupdate secara konsisten, Iklan yang relevan dikenal mempunyai nilai CPC yang lebih tinggi dibandingkan iklan yang kurang relevan yang muncul di blog. Keberadaan iklan relevan yang muncul diyakini mampu menarik pengunjung blog untuk melakukan klik iklan. Selain itu, menurut pengalaman para publisher, mengurangi jumlah unit iklan juga salah satu cara menaikkan CPC adsense kita.

Nah, jika anda setuju dengan pendapat saya, maka segera wujudkan blog yang berkualitas dengan potensi yang anda miliki dan jadilah penulis yang baik. Lebih baik menjadi seekor Kambing daripada seekor Burung Beo, karena orang lain akan lebih mengenali anda ketika mengembek, meskipun berada dalam karung, akan tetapi jika anda adalah seekor Burung Beo, maka sulit bagi orang lain mengenali, karena Burung Beo berbunyi mengikuti suara di sekitarnya, jika ditempatkan berdampingan dengan Burung Kenari maka ia akan berbunyi seperti Burung Kenari, apalagi jika ditempatkan di dalam karung, maka Burung Beo akan berbunyi "Gelap..  Gelap" ada yang tahu suara Burung Beo ??

Semoga Bermanfaat !

1 komentar so far

Wah hebat nih niche kesehatan, saya juga lagi bikin blog khusus kesehatan. Makasih banget buat ulasannya.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon