16 May 2015

Tips Lulus Ujian Tes CPNS

Taugitu.com, Assalamu Alaikum Sobat blogger, semoga semua dalam keadaan sehat. Kali ini saya akan berbagi Tips Lulus Tes CPNS. Sebenarnya ini merupakan pengalaman pribadi saya, mungkin dari beberapa artikel yang membahas topik yang sama, menjelaskan cara yang berbeda, karena saya yakin setiap pengalaman orang menggapai cita - citanya pasti berbeda cara dan jalan yang dilaluinya. Dan Tipd ini tidak menjamin anda akan lulus, karena semua tergantung usaha dan ketentuan Tuhan.

Bagi kebanyakan orang, menjadi pegawai negeri sipil adalah pilihan yang menjadi idaman, karena pegawai negeri sipil mendapatkan jaminan dari negara dalam hal pendapatan, pensiunan, tunjangan kesehatan, tunjangan keluarga bahkan tunjangan kinerja dan lain-lain. Saya tidak mengatakan menjadi abdi negara adalah pekerjaan yang enak atau nyaman, bagi saya pekerjaan adalah amanah, maka kita harus senantiasa bekerja dengan baik, menjalankan amanah tersebut dengan baik dan penuh bertanggung jawab. Mungkin banyak masyarakat yang menganggap profesi PNS adalah profesi bagi orang yang malas, mungkin ada benarnya juga meskipun tidak seluruhnya benar, karena orang bilang lebih susah memecat PNS daripada saat mendaftar menjadi PNS, Bagi PNS yang malas paling dapat teguran baik lisan maupun tulisan, tapi gaji tetap terima tanpa dipotong, dan gag bakalan kena pecat kalo tidak berbuat sesuatu yang benar-benar mrlanggar aturan disiplin. Kalopun ada PNS yang gajinya dipotong karena malas, mungkin itu hanya dialami 1 dari 10 ribu PNS. Sangat berbeda dengan sistem di swasta, ketika anda malas dan tidak produktif maka gaji akan dipotong, jika hal tersebut terus berlanjut, maka PHK menjadi hadiah terakhir. Kapan ya negara memberlakukan sistem semacam itu ?

Tips Lulus Ujian Tes CPNS



Oke, balik lagi ke topik, ingat saya hanya berbagi dari pengalaman pribadi saya mungkin benar dan mungkin juga kurang tepat diterapkan bagi anda.
  • Niat, yah inilah yang pertama musti anda miliki, niat menjadi senjata bagi anda saat mendaftar menjadi PNS, buat diri anda yakin, bahwa anda benar benar ingin menjadi PNS dan ingin mengabdi kepada negara, jangan sekali kali anda mendaftar menjadi PNS karena sekedar ikut-ikutan, atau karena anda nganggur. Jangan pernah berpikir yang terlalu jauh, bahwa jika anda menjadi PNS anda akan bisa bekerja santai, kesana kemari berseragam dinas berharap pujian sesorang, atau anda akan terlihat gagah jika menggunakan seragam. Ya meskipun hal semacam itu jika dimaknai dengan positif bisa menjadi pemicu semangat.
  • Berdoa, inilah wujud bahwa anda adalah orang yang percaya akan adanya sang pencipta, sepintar dan sebrilian apapun anda jika tidak memanjatkan doa, maka Tuhanpun akan membiarkan hidup anda terasa hambar, ingat bahwa doa mampu merubah segalanya, bahkan takdir sekalipun, karena Tuhan lah yang merubah segala ketentuanya atas diri anda. Doa ibarat permohonan kepada sang khalik sang maha penentu, karena dalam setiap doa ada harapan dan keinginan anda yang dipanjatkan kepada Tuhan
  • Ikhtiar, sebelum anda mengikuti ujian CPNS maka siapkan diri anda, banyak-banyaklah membaca buku dan soal latihan tes CPNS, pengalaman pribadi saya, silahkan bandingkan model pertanyaan soal tes CPNS dari tahun ke tahun, jangan menghafal soal, tapi cobalah pahami bentuk dan jenis pertanyaan itu, misalkan soal bahasa indonesia, dari tahun 2000 - 2015 soal yang sering ditanyakan adalah mengenai kosa kata, antonim - sinonim, maka belajarnya memahami pertanyaan semacam itu, jika soal bahasa inggris yang sering keluar adalah masalah susunan kata atau grammar, maka belajarlah memahami dan mengerti pola penyusunan grammar yang benar. Jika anda bukan sesorang yang mempunyai ingatan baik, maka anda tidak mungkin menghafal semua arti kata bahasa inggris, anda hanya perlu memahami rumus grammar, karena soal ujian itu untuk saat ini adalah pilihan ganda, setidaknya anda bisa memilih 3 jawaban yang salah, sehingga anda mempunyai peluang besar menjawab dengan benar 2 jawaban yang tersisa.
  • Tawakal, ya inilah wujud kepasrahan anda kepada Tuhan, serahkan segala niat, doa dan usaha yang telah anda lakukan kepada Tuhan, biarkan Tuhan mentukan nasib anda, Tuhan tidak buta, DIA maha melihat, maha mendengar dan maha mengetahui apa yang hamba-Nya butuhkan, mengetahui apa yang terbaik untuk hambanya yang senantiasa mau berdoa dan berusaha.
Jangan pernah menyerah jika anda sekali gagal, saya 4 kali mendaftar dan 4 kali gagal, saya menyadari saat mendaftar dulu, saya hanya coba-coba, siapa tau saya mujur. Eh ternyata saya gag mujur, karena ada orang lain yang lebih berniat dan membutuhkan pekerjaan dibandingkan dengan saya. Namun pada akhirnya Tuhan berkehendak lain, saya diberi anugerah di luar dugaan saya sebelumnya, saya lulus murni menjadi CPNS di Kementerian yang cukup bonafit bagi anggapan kebanyakan orang. Hal yang saya yakini kenapa saya bisa lulus, karena saya melakukan keempat hal yang saya sebutkan diatas, yaitu niat, doa, usaha dan tawakal. Namun selain hal tersebut, tak lupa saya juga meminta doa restu kepada kedua orang tua, kepada teman dan juga para tetangga saya. Kalo saya boleh berbagi sejak saya lulus sma saya pergi merantau ke luar pulau, saya kuliah dengan biaya orang tua dan bekerja paruh waktu. Saya benar - benar pasrah, berdoa kepada Tuhan dan mengaku, saya memang benar-benar membutuhkan pekerjaan itu, dan ingin mengangkat derajat kedua orang tua saya, berharap kedua orang tua dapat bangga telah melahirkan dan merawat saya.

Ketika saya belajar saya tidak pernah memaksakan otak saya memahami suatu hal, saya hanya berniat hari ini saya harus belajar, karena bagi saya percuma saya belajar jika otak saya mikir kemana mana, maklum setiap malam hobby saya main PS, jadi saya menuruti kemauan saya, paling tidak saya bisa main PS sampe saya merasa sudah cukup, tidak harus lama, asalkan saya bisa main meskipun hanya sebentar, karena jika tidak kesampaian maka otak saya berkeliaran mikirin PS melulu. Maka tengah malam saya langsung belajar, meskipun hanya sebentar, saat ngantuk saya juga langsung tidur, karena seperti yang saya bilang, percuma otak kita dipaksa bekerja, kalo pikiran sama badan tidak sejalan. Bener gag ?

Selanjutnya, perbanyaklah beribadah, beramal sholeh, dan perbanyaklah prihatin (hidup nrimo) saya benar - benar bisa merasakan kenikmatan yang luar biasa, kebetulan saat mendaftar dulu, pas saat bulan ramadhan, saya harus menempuh perjalan sekitar 2 jam, mengendarai motor, berangkat pagi pulangnya sore, dan tak jarang saya kehujanan ditengah perjalanan, namun saya menganggapnya sebagai sebuah nikmat, mungkin tuhan ingin menyegarkan tubuh saya yang lelah. Selain itu amalkan doa-doa khusus jika anda mempunyai kemauan, dan dilaksanakan pada saat tertentu, misalkan saat sholat tengah malam, karena anda menjadi makhluk yang spesial di hadapan Tuhan, saat orang tidur anda bangun untuk berdoa kepadaNya. Anda pasti akan mendapat tempat istimewa di mata Tuhan. Yakinlah.
 
Hal yang musti anda hindari, jangan pernah pesimis, berpikirlah positif. Jangan mengandai-andai peserta lain menggunakan cara tidak benar saat mendaftar agar lulus, karena pikiran seperti itulah yang akan mengendorkan semangat anda. Terlebih ujian tes CPNS sekarang, telah menggunakan sistem CAT, anda bisa turut serta mengawasi jalannya seleksi, yang mampu meminimalisir adanya kecurangan. jangan sekali-kali melakukan tindakan curang, menyuap atau tindakan apapun yang melanggar hukum. Karena jika anda melakukan hal tersebut berarti niat anda sudah salah, niat yang salah tentu tidak akan berdampak baik untuk anda, meskipun tidak dapat saya pungkiri, masih banyak orang yang menggunakan cara tidak baik untuk dapat lulus tes CPNS. Coba anda bayangkan, jika ternyata anda lulus dengan cara tidak baik, menyuap misalnya, maka gaji anda yang anda terima setiap bulan adalah penghasilan yang bersumber dari hal yang tidak baik, tega kah anda memberikan penghasilan yang kotor untuk istri anda, menyuapkan bubur kedalam mulut anak anda dari sumber yang tidak baik ? Dari hari kehari, minggu demi minggu, tahun demi tahun, bahkan sampai anda pensiun. Taukah anda jika anda bisa lulus dengan menyuap, ternyata anda telah merampas hak orang lain yang sebenarnya orang tersebut lulus, namun tersingkir karena anda, mirisnya lagi jika teryata orang yang seharusnya lulus adalah orang yang kurang mampu dan membutuhkan pekerjaan, padahal ia lebih berkompeten dibanding anda. Maka anda telah mengambil hak orang itu yang sebenarnya ia adalah sosok yang nantinya mampu memperbaiki lembaga tempat ia mendaftar.

Semoga apa yang saya sampaikan diatas bermanfaat,,mungkin lebih tepatnya ini bukan sebuah Tips tapi sebuah curhatan, hehehe. Semoga anda tetap bersemangat menggapai cita-cita anda, jangan kalah sebelum berperang, lakukan semua dengan sungguh-sungguh. Ambil sisi positif dari pengalaman saya (jika ada), dan mohon maaf jika tulisan ini mungkin tidak berguna, tapi saya selalu berniat baik dalam berbagi. Semoga Allah SWT mengijabahi segala doa dan usaha anda. Wassalamu Alaikum

2 komentar

Bermanfaat banget buat yang mau jadi CPNS,

Hehhee om nanang,... sy jg berharap demikoan om.. Makasih kunjungannya

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon