17 May 2015

Sejarah Kejuaraan Piala Sudirman

Taugitu.com, Beberapa hari ini, televisi nasional maupun internasional sedang getol menyiarkan pertandingan Bulutangkis dunia, yang bertajuk Piala Sudirman atau lebih dikenal dengan Sudirman Cup. Kejuaraan ini diikuti oleh negara-negara di dunia, meskipun saya adalah penggemar jenis olah raga ini, namun saya tidak tau asal usul piala Sudirman. Awalnya saya hanya menerka, Sudirman itu nama asli orang Indonesia, pasti turnamen tersebut ada hubungannya dengan orang Indonesia, nah saya mengira bahwa kejuaraan tersebut diselenggarakan untuk mengenang perjuangan Jenderal Besar Sudirman, atas segala jasa beliau semasa penjajahan.

Usut punya usut, perkiraan saya rupanya salah, turnamen tersebut sama sekali gak ada kaitannya ama Jenderal Sudirman,  (waduh, ternyata saya kurang informasi). Memang benar sih, Sudirman itu nama tokoh Indonesia, namun bukan Jenderal Sudirman, tetapi Dick Sudirman, yaitu ketua sekaligus pendiri organisasi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia  (PBSI). Sudirman Cup lahir atas inisiatif dari Indonesia pada tahun 1986, dan pertama kali kejuaraan ini di gelar di Jakarta pada tahun 1989. Pada penyelenggaraan kejuaraan yang pertama tersebut, Indonesia berhasil menyabet gelar juara dengan mengalahkan Korea Selatan di babak final, dan hingga saat ini, Cina tercatat sebagai negara yang paling banyak menyabet gelar Juara Piala Sudirman, sedangkan Indonesia baru sekali meraih gelar juara.

Bulutangkis
Kejuaraan Bulutangkis Sudirman Cup adalah pertandingan bulutangkis dengan sistem beregu, yaitu ganda putra, ganda putri, ganda campuran, tunggal putra dan tunggal putri. Pada pertandingan ini tidak memperebutkan hadiah, namun hanya menambah point yang berpengaruh pada rangking dunia yang tercatat oleh BWF. Sudirman Cup diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dan tempat pelaksanaannya ditentukan oleh Federasi Bulutangkis Dunia.

Nah, sekarang udah pada tau ni, sejarah piala Sudirman. Semoga bermanfaat ya..!!

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon