23 September 2015

Ketahui ! Cara Aman Dan Sehat Menikmati Daging Kurban

Taugitu.com,- Hari Raya Idul Adha atau biasa disebut hari Raya Qurban, adalah hari raya bagi Umat Islam, diperingati setiap tanggal 10 dzulhijah. Disebut sebagai Idul Qurban karena masyarakat memotong hewan kurban usai melaksanakan Sholat Ied. Berkurban merupakan ajaran dari Nabi Ibrahim AS, yang diuji ketakwaannya oleh Allah SWT untuk mengorbankan putranya yaitu Nabi Ismail AS, namun kemudian Allah SWT mengganti nabi Ismail AS dengan seekor domba.

Bagi mereka yang berkurban, Menyembelih hewan kurban merupakan simbol ketakwaan dan kecintaan kepada Allah SWT, namun dalam kehidupan bermasyarakat menyembelih hewan kurban merupakan wujud kepedulian terhadap sesama, yaitu dengan menyembelih hewan kurban kemudian membagikan dagingnya kepada kaum dhuafa dan orang miskin. Di Indonesia, perayaan Idul Qurban selau identik dengan banyaknya daging sapi dan daging kambing, hampir seluruh umat Islam baik yang kaya ataupun miskin dapat menikmati olahan daging kurban.


Masakan Daging
Jika anda juga salah satu yang ikut merayakan dan menikmati daging kurban ada baiknya mengkonsumsinya dengan tidak berlebihan, karena meskipun daging mengandung zat yang baik bagi tubuh, namun jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan justru akan berefek kurang baik bagi kesehatan anda. Daging kambing dan daging sapi adalah daging merah yang mempunyai lemak yang cukup tinggi, lemak hewani yang tinggi mengandung lemak jenuh yang biasanya mengadung LDL lemak jahat yang akan menumpuk pada dinding pembuluh darah. Menurut Konsultan Gastroenterologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Universitas Indonesia, DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, mengkonsumsi daging kambing yang berlebihan akan menyebabkan sembelit, bagi orang yang memiliki penyakit dimana asam lambung mengarah keatas (GERD) dapat menyebabkan penyakitnya menjadi semakin parah. Untuk tetap dapat menikmati daging kurban dengan aman dan sehat, mungkin tips berikut bermanfaat :

  1. Hilangkan lemak yang menempel pada daging terlebih dahulu 
  2. Gunakan peralatan memasak yang benar-benar bersih
  3. Hindari memasak daging dengan masakan bercitarasa asam dan pedas
  4. Masak daging dengan jenis masakan yang berkuah seperti sup, karena dapat membantu mengurangi jumlah kalori dalam daging, hindari memasaknya dengan digulai / disantan ataupun digoreng, karena cara memasak demikian dapat menambah kadar jumlah kalori dalam daging (lagizi.com)
  5. Konsumsi daging secara bijak, dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh. kandungan protein yang cukup tinggi, tubuh manusia setiap hari memerlukan 40 gram protein, salah satunya dari daging, dalam setiap 1 ons daging mengandung kurang lebih 6-7 gram protein, jadi kebutuhan manusia disarankan mengkonsumsi daging maksimal 6 ons daging per hari. Namun hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan, karena kebutuhan protein manusia juga tergantung pada umur, ukuran tubuh dan aktifitas, (vemale.com)
  6. Setelah mengkonsumsi daging, imbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayur
  7. Hindari tidur setelah mengkonsumsi daging, minimal 2 jam setelah makan, karena jika hal tersebut dilakukan dapat menyebabkan asam lambung mengarah ke kerongkongan dan akan menyebabkan panas di dada.
  8. Hindari makanan dan minuman yang manis, setelah mengkonsumsi daging, karena dapat menyebabkan meningkatnya jumlah kalori dalam tubuh. sebaiknya anda meminum air putih hangat yang berfungsi membantu menetralkan kadar lemak dalam tubuh.
  9. Imbangi pula dengan berolahraga atau aktifitas lainnya yang dapat membantu tubuh mempercepat proses pembakaran lemak setelah mengkonsumsi daging.
Nah, jika anda sudah tau hal-hal yang perlu dihindari setelah menyantap olahan daging, kini anda tidak perlu merasa khawatir, asalkan sesuai dengan yang diajurkan oleh pakar kesehatan, Nikmati olahan daging secara bijak dan wajar, dengan begitu tubuh anda tetap sehat. Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha bersama keluarga. semoga bermanfaat

sumber bacaan : liputan.com, lagizi.com, vemale.com, indiatimes.com

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon