24 September 2015

Lemak Jahat Naik Usai Idul Adha ? Lakukan Hal Berikut

Taugitu.com, Usai merayakan Idul Adha, beberapa orang mungkin akan mengalami sedikit banyak masalah kesehatan tubuh. Karena saat Idul Adha, kebanyakan orang menikmati masakan berbahan dasar daging, baik daging sapi, kerbau, kambing ataupun domba. Memang momen Idul Adha tidak dapat dipisahkan dari jenis masakan daging.

Bagi anda yang baru saja merayakan Idul Adha dan menyantap masakan yang berasal dari daging hewan kurban, ada baiknya segera memeriksa kondisi kesehatan, untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda, baik darah, kadar lemak, dan bahkan kolestrol anda. Daging memang baik dikonsumsi bagi kesehatan tubuh manusia, zat yang terkandung dalam daging sangat dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya lemak dan protein. Lemak dan protein diperlukan tubuh untuk menghasilkan kalori, kalori berfungsi menghasilkan sumber tenaga untuk beraktifitas.

Tumis Daging
Mengkonsumsi daging secara berlebihan, dapat menyebabkan tingginya jumlah kalori dalam tubuh, terbatasnya kemampuan tubuh membakar kalori akan mengakibatkan kadar lemak meningkat, sehingga menyebabkan tubuh mengalami kegemukan/obesitas, orang yang mengalami kegemukan lebih rawan terkena penyakit, seperti kolestrol dan jantung. 

Untuk menghindari efek negatif dari mengkonsumsi daging, ada baiknya anda melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Olah Raga, melakukan olah raga dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh, anda dapat melakukannya saat pagi hari, seperti lari ataupun jogging. Anda juga bisa melakukan olah raga ringan seperti naik turun tangga, push-up ataupun sit-up.
  2. Tidur, tidur adalah cara paling efisien membakar lemak, lama waktu tidur yang disarankan oleh para pakar kesehatan dalah 6-7 jam setiap malam
  3. Teh hijau, Konsumsilah teh hijau setiap hari antara 2-3 cangkir, mengkonsumsi teh hijau dapat membantu membakar lemak dan juga mengurangi resiko terkena kanker.
  4. Makan secara tepat dan teratur. Makan dalam porsi kecil dapat mengurangi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh, namun lakukan secara teratur 3-4 kali sehari, agar proses pembakaran kalori dapat seimbang, namun hindari pula makan dalam jumlah yang terlalu sedikit, dan melewatkan waktu makan berikutnya, karena hal tersebut dapat memicu anda makan secara membbi buta.
  5. Konsumsi buah-buahan, mengkonsumsi buah dapat membantu menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh, anda dapat mengkonsumsi buah zaitun dan juga alpukat yang diketahui mengandung lemak mono tak jenuh yang mampu membantu membakar lemak jahat
  6. Perbanyak minum air putih, menurut penelitian mengkonsumsi air minum minimal 1,5 liter sehari dapat membakar sekitar 17.400 kalori per tahun, sebanding dengan 3 kg berat tubuh, dan hindari mengkonsumsi alkohol.
  7. Sarapan Sehat, sarapan pagi mempunyai peran penting dalam proses menurunkan kadar lemak / berat badan. Contoh sarapan sehat yaitu sereal tinggi serat dan susu rendah lemak.

Nah, kini anda tidak perlu khawatir berat anda naik usai mengkonsumsi daging, asalkan anda melakukan hal-hal diatas.  Semoga Bermanfaat.

Sumber : merdeka.com, tipshidupsehat.com

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon