23 April 2016

Ternyata Biji Sawi Mengandung Racun

Taugitu.com, biji sawi adalah jenis bijian dari tumbuhan keluarga Brassicaceae, selama ini masyarakat kebanyakan hanya mengenal sayuran sawi, sebagai sayuran yang bergizi dan banyak mengandung zat besi, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun tidak semuanya mengetahui bentuk Biji Sawi. tanamn sawi dapat tumbuh diatas ketinggian atau dataran rendah, 

Biji sawi kaya akan protein, dan biji ini mayoritas disukai oleh burung ocehan seperti burung kenari. Biji sawi berukuran kecil dan berwarna coklat kehitaman, diketahui mengandung minyak mentah yang didalamnya mengandung omega 6 dan omega 3. Omega-6 dan Omega-3 merupakan minyak yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Biji sawi memiliki kandungan energi tinggi. Kandungan energi pada bahan pakan sangat mempengaruhi banyak sedikitnya konsumsi. Semakin tinggi konsentrasi energi bahan pakan, maka jumlah konsumsi akan menurun begitu pun sebaliknya jika jumlah energi yang didapatkan dari pakan hanya sedikit, maka burung akan mengkonsumsi lebih banyak pakan untuk mencukupi kebutuhan energi dalam tubuhnya, dan jika kebutuhan energi dalam tubuh telah mencukupi, maka burung secara naluri akan berhenti makan. meskipun mengandung protein yang tinggi, ternyata biji sawi mengandung unsur racun, namun tidak berbahaya jika dikonsumsi secara wajar.

Sawi dan Biji
Tanaman Sawi Dan Biji Sawi
Gejala keracunan yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi Biji Sawi adalah iritasi pada mulut, muntah atau gangguan pencernaan, namun hal tersebut jarang terjadi, kecuali jika dikonsumsi secara terus menerus, berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama.

Jika ingin memilih Biji Sawi sebagai pakan burung, sebaiknya cuci terlebih biji sawi hingga bersih, kemudian campurkan biji sawi dengan jenis pakan yang lain, misalkan millet, sorgum, atau voer dan jagung. berikan pula dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. 

sumber :
http://omkicau.com/
http://www.budidayakenari.com/
https://genhamster.wordpress.com/

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon