23 April 2016

Manfaat Gabah Untuk Burung Peliharaan

Taugitu.com, - Gabah adalah bulir atau buah padi yang masih diselimuti kulit tipis berwarna kuning (sekam), sebagian besar kandungan yang terdapat dalam gabah adalah 77 % karbohidrat, 7,8% lemak dan 1,4 % protein, selebihnya terbagi dalam kalium, fosfor dan vitamin lainnya. Dari sumber di internet menjelaskan, gabah disebut memiliki nilai gizi yang lebih baik daripada beras, karena proses penggilingan dan penyosohan dari gabah menjadi beras, menghilangkan kandungan pada gabah, artinya tinggi rendahnya tingkat penggilingan dan penyosohan menentukan hilangnya nilai gizi yang terkandung dalam gabah.

Gabah sangat cocok diberikan kepada kelompok Jenis merpati balap, karena kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi mampu berikan suplai energi bagi merpati. Gabah dipercaya sebagai pakan diet, karena lemak yang terkandung dalam gabah tidak terlalu banyak, selain merpati gabah juga bisa diberikan untuk perkutut lomba, menurut para breeder, gabah membuat suara anggungan menjadi jernih dan kering. Burung yang diberikan pakan gabah tubuhnya terlihat lebih padat dan berisi, namun tidak gemuk, burung juga terlihat lebih bergairah dan periang karena memiliki cukup sumber energi.

Gabah Kering
Gabah Kering

Untuk memperoleh jenis gabah yang baik, pilihlah gabah yang berukuran kecil, biasanya gabah lampung atau gabah bangkok, pilih yang benar-benar kering dan berisi, sebelum diberikan ke hewan peliharaan, sebaiknya cuci bersih gabah dalam air ember, buang gabah yang mengambang, yang mengindikasikan gabah tidak berkualitas baik, kemudian jemur hingga benar-benar kering. Ciri lain dari gabah yang berkualitas buruk adalah berwarna kehitaman, membusuk, ringan / masih muda.

sumber : 
http://peliharaburung.com/
http://www.majalahburungpas.com/
http://www.bosburung.com/

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon