24 April 2016

Jagung Untuk Pakan Burung Merpati Hias

Taugitu. com, Siapa yang tidak kenal Jagung, anda pasti tau jenis tanaman penghasil karbohidrat terpenting selain padi dan gandum ini. Jagung sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena menjadi komoditas pertanian terbesar nomor dua. Jagung banyak dimanfaatkan sebagai bahan pokok makanan, baik dikonsumsi oleh manusia maupun hewan ternak. Selain itu, Di Negara Jepang saripati jagung dimanfaatkan sebagai bahan polimer dalam industri plastik, yaitu sebagai bahan campuan dalm membuat casing komputer.

Ada beberapa jenis jagung yang dikembangkan di Indonesia, hal tersebut dikarenakan tingkat kebutuhan akan jenis jagung juga berbeda sesuai dengan fungsi atau kegunaannya. Jagung berwarna kuning memiliki kandungan karoten yang cukup tinggi yang digunakan sebagai sumber provitamin A. 

Jagung yang sering digunakan untuk pakan ternak merpati hias adalah jagung madura, jagung madura memiliki ukuran yang lebih kecil, pemilihan jenis jagung madura sebagai pilihan pakan merpati karena dari segi ukuran lebih mudah untuk ditelan oleh burung, namun ada juga para peternak yang menggunakan jagung biasa yang telah digiling kecil sebagai bahan campuran pakan / ransum ternak yang dikombinasikan dengan jenis pakan lainnya.

Kandungan dan Manfaat Jagung

Dalam sebuah penelitian, jagung diketahui meiliki berbagai zat penting yang bermanfaat bagi tubuh mahluk hidup yang mengkonsusmsinya, dalam seratus gram jagung terkadung karbohidrat, protein, Lemak, diet serat protein dan energi, selebihnya terdiri dari vitamin dan elektrolit

Zat - zat yang terkandung dalam jagung mampu memberikan manfaat bagi kesehatan, diantaranya melawan kanker, menghasilkan kalium yang mampu mengatur keseimbangan tingkat cairan dalam tubuh, menghasilkan vitamin C dan B5 yang mengatur kadar kolestrol dan merubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi yang digunakan untuk beraktifitas.

Jagung kering

Jagung juga kaya akan serat yang bermanfaat melancarkan proses pencernakan dalam usus, fosfor dan protein dalam jagung membantu menjaga kesehatan tulang dan membantu memperbaiki sel otot yang rusak serta membantu pembentukan sel baru, mengkonsumsi jagung juga membantu mencukupi kebutuhan sel darah merah dan menghindari anemia / kekurangan darah, asam folat yang terkandung dalam jagung dipercaya membantu menyempurnakan proses pertumbuhan embrio.

Pemberian Biji jagung untuk merpati bermanfaat menjaga bobot badan merpati hias tetap seimbang,/proporsional, namun perlu diingat, pemberian jagung pada merpati sebaiknya juga diimbangi dengan pemberian pakan lainnya, hal itu dilakukan untk menghindari terjadinya obesitas/kegemukan, kegemukan pada merpati hias dapat menyebabkan tingkat kesuburan menurun dan burung malas beraktifitas, anda dapat memberikan jenis pakan lain yang tidak menyebakan kegemukan namun dapat memberikan cukup tenaga, diantaranya kacang hijau dan juga beras merah.

sumber :
www.tipscaramanfaat.com
www.omkicau.com

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon