24 April 2016

Manfaat Beras Merah Untuk Burung Peliharaan

Taugitu.com, Beras merah, merupakan jenis tumbuhan yang termasuk varietas serealia, sesuai dengan namanya bentuk dari beras merah mirip dengan beras biasa, berbentuk lonjong, mengkilap dan berwarna mendekati merah tua. Beras merah banyak diberikan pada anak burung, karena kandungan Fosfor dan Se, membantu dalam pembentukan tulang pada masa pertumbuhan.

Dalam 100 gram beras merah setidaknya mengandung sekitar 85% karbohidrat yang terdiri dari lemak dan protein, 7% serat, vitamin B, kalsium, kalium dan magnesium. Beberapa mineral tersebut berperan penting bagi metabolisme tubuh, beras merah mampu mencegah terjadinya kegemukan karena rendahnya kalori dalam beras merah, karbohidrat kompleks dalam beras merah akan menyuplai energi secara berkala sehingga tidak menimbulkan penumpukkan energi. Serat yang dimiliki beras merah juga membantu melancarkan proses pencernaan, beras merah juga diketahui mengandung antioksidan membantu membentengi tubuh dari berbagai penyakit.


Manfaat Beras Merah

Kalsium dan magnesium dalam beras merah membantu menjaga kesehatan tulang, burung peliharaan yang diberikan biji beras merah umumnya memiliki struktur tulang yang kuat dan kokoh. Polifenol menurut ahli kesehatan juga berperan menghindarkan terjadinya kanker usus.

Ada baiknya pemberian beras merah juga diimbangi dengan jenis pakan yang lain, agar kebutuhan nutrisi pada tubuh burung juga terpenuhi, jangan lupa mencuci beras merah terlebih dahulu dan menjemurnya hingga kering, hal tersebut untuk menghilangkan sisa obat pestisida yang kemungkinan masih menempel pada beras. Kita dapat melakukan pemberian beras merah dua kali seminggu, selain itu kita juga dapat memberikan jenis pakan berupa biji jagung, kacang hijau, dan juga ketan hitam.

sumber : 
www.trikburung.com, 
www.manfaat.co.id dan sumber bacaan lainnnya

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon