27 April 2016

Manfaat Milet Untuk Pakan Burung

Taugitu.com, Milet adalah jenis tanaman serealia berbulir kecil (Wikipedia), Milet dijadikan sebagai bahan baku pembuatan makanan, seperti tepung roti, selain itu biji ini sering dijadikan sebagai pakan bagi jenis burung tertentu, misalkan Love Bird dan juga parkit.

Milet mengandung serat dan protein yang tinggi, biji jenis ini baik dijadikan sebagai bahan makanan sewaktu melakukan diet. Milet juga kaya akan magnesium dan vitamin B yang disebut masin, magnesium berfungsi menyehatkan otot, mengurangi tekanan darah, selain itu magnesium juga mambang mengobati penyakit asma dan juga migran, sedangkan masin membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil.

Dalam beberapa artikel yang saya baca, burung peliharaan yang diberikan milet umumnya menjadi lebih sehat, aktif dan rajin berbunyi. Kita dapat memberikan racikan milet dengan bahan lainnya sebelum diberikan kepada burung peliharaan, seperti direndam dalam adonan telur dan juga dicampur dengan cangkang telor.
Milet Untuk Merpati

Secara lengkap dalam biji milet mengandung Vitamin B, B6, dan Fosfat, Kalium, Magnesium, Seng, Besi, dan Kalsium. Mineral-Mineral tersebut bermanfaat dalam proses metabolisme tubuh, pemetukan sel otot, dan menjaga kesehatan tulang.

Milet yang baik adalah yang berwarna cerah, dan mengkilat, atau jika anda ragu dapat mencuci dan mengambil biji yang tenggelam. kemudian keringkan dan dapat menggorengnya tanpa minyak sebelum diberikan kepada burung peliharaan.

sumber : 
www.shashamohamed.com
www.budidayakenari.com,
Uji Kafetaria Biji-Bijan Lokal sebagai Pakan Merpati, Ena Nurhaeni, IPB Bogor

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon