05 September 2015

Mengenal Ikan Komet Bintang Berekor

Taugitu.com, - Para pecinta Ikan Hias di negeri ini menyebutnya sebagai Ikan Komet, dinamai Ikan Komet karena ikan air tawar ini mempunyai warna tubuh yang cerah dan eksotis, dilengkapi dengan sirip yang relatif panjang sehingga terlihat seperti komet atau bintang berekor saat berenang. Ikan Komet hidup di iklim subtropis, mampu hidup sampai pada kedalaman 20 meter pada suhu air 0-40 derajat celcius.

Habitat asli ikan komet  (Carassius auratus) adalah danau dan sungai yang berarus sedang. Ikan Komet mempunyai beberapa warna dan juga jenis, yaitu warna merah, putih, hitam, kuning, orange serta kombinasi warna-warna tersebut, makanan ikan ini pada habitat aslinya adalah serangga, krustasea kecil dan juga beberapa jenis tumbuhan air. Ikan ini tergolong jinak dan mudah dikembangbiakkan, karena tidak mengenal adanya musim kawin, ia dapat kawin sepanjang waktu, namun pada habitat aslinya ikan komet memasuki musim kawin saat menjelang datangnya musim penghujan, aroma lumpur dari tanah yang terkena air hujan menjadikan ikan ini menjadi lebih birahi. Ikan komet meletakkan telurnya pada akar atau rerumputan yang tumbuh di air.

Comet Fish

Budidaya ikan ini cukup mudah dan juga sangat berpotensi memberi nilai ekonomi lebih, karena harganya dari waktu ke waktu selalu menanjak naik seiring dengan bertambahnya pecinta ikan hias air tawar ini dan maraknya kontes ikan. Di daerah Janti, Tulung, Kabupaten Klaten, para petani ikan komet menjual bibit berukuran kurang lebih panjang 4 - 5 cm dengan harga grosir 600-1000 rupiah per ekor, namun jika dijual eceran, harganya dibanderol antara 1000-1500 rupiah per ekor, namun jika ikan telah  berukuran lebih besar harganya mencapai 3000 - 10.000 rupiah, harga tersebut adalah harga pasaran. Namun jika ikan yang dijual adalah ikan yang pernah memenangkan kontes harganya mencapai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Ikan Komet juga dapat dikembangkan di karamba, dengan catatan air yang digunakan adalah air yang mengalir, dengan cara ini para pembudidaya akan lebih dapat menghemat pakan, karena ikan akan mendapatkan makanan alami dari alam. Ikan ini juga dapat hidup berdampingan dengan jenis ikan lainnya karena sifat ikan yang mudah menyesuaikan dengan lingkugan. Jika sobat tertarik untuk budidaya Ikan Bintang Berekor ini, sebaiknya siapkan lahan budidaya mulai dari sekarang, cari referensi melalui internet, buku atau sobat bisa datang langsung ke petani ikan yang telah lebih dulu sukses melakukan budidaya untuk belajar dan mencari pengalaman. Semoga sukses ya !

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon