04 September 2015

Tips Memilih Jenis Tanaman Hidroponik, Agar Memperoleh Hasil Optimal

Taugitu.com, - Hidroponik saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang, tidak hanya dari kalangan profesi petani, namun juga para ibu rumah tangga, pns, karyawan swasta bahkan juga para pelajar. Sistem tanam hidroponik yang dinilai lebih ramah lingkungan mampu menarik dan meningkatkan minat masyarakat untuk bercocok tanam. Banyak tutorial seputar hidroponik dapat dengan mudah didapatkan, baik melalui media online, media cetak seperti majalah dan buku serta langsung dari komunitas pecinta hidroponik.

Namun, meskipun banyak tutorial yang membahas secara detail mulai dari media tanam, penyemaian, sampai dengan perawatan tanaman, sebaiknya anda yang ingin bergabung menekuni hobby baru tersebut dapat lebih jeli dalam memilih dan mengimplementasikan ilmu yang anda dapatkan, salah satunya ialah kecermaatan dan ketepatan anda dalam memilih jenis tanaman yang hendak anda tanam.

Komunitas Hidroponik

Sebelum anda memutuskan untuk memilih jenis tanaman, ada baiknya mempertimbangkan berbagai hal yang menentukan sukses tidaknya anda ber-hidroponik. Kegagalan adalah guru yang paling tepat untuk meraih kesuksesan, namun lebih baik lagi jika anda berusaha meminimalisir kegagalan tersebut.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan 
  1. Pilih jenis tanaman yang cocok dengan kondisi geografis daerah anda. Letak geografis suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman, karena letak geografis wilayah berpengaruh pada kondisi cuaca/suhu, ketersediaan air, serta kesuburan lingkungan. Misalkan anda tinggal diwilayah yang terdiri dari perbukitan berbatu, ada baiknya anda tidak menanam sayuran kangkung ataupun sayuran yang sulit tumbuh didaerah tersebut, karena anda akan sulit memperoleh hasil yang optimal, terlebih jika bercocok tanam menjadi profesi dan mata pencaharian anda, namun jika hal tersebut hanyalah hobby, tidak ada salahnya mencoba.
  2. Perhatikan iklim. Iklim juga sangat mempengaruhi pertumbuhan jenis tanaman tertentu, misalkan saat musim hujan, sebaiknya anda menghindari menanam sayuran jenis tomat dan lombok, karena lombok dan tomat akan cepat membusuk jika terkena air hujan secara terus menerus, jika memang tetap ingin menanamnya, sebaiknya letakkan ditempat yang tidak terkena air hujan secara langsung.
  3. Pilih jenis sayuran yang bernilai gizi tinggi dan mempunyai nilai ekonomi, jika anda adalah orang yang mengandalkan penghasilan dari pertanian, pilihlah jenis tanaman yang mayoritas banyak dikonsumsi oleh masyarakat, untuk memudahkan anda memasarkannya.
  4. Pilih jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya. 
  5. Pilih bibit jenis tanaman yang berkualitas. Jika anda membeli bibit tanaman sebaiknya anda memperhatikan kondisi fisik bibit tanaman, mulai dari daun, batang, hingga akar.

Demikian beberapa tips Cara Memilih Bibit Tanaman Hidroponik, Agar Memperoleh Hasil Optimal. Semoga bermanfaat.

2 komentar

mantep nih om tips nya.. bisa langsung dicoba thankss

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon