03 May 2016

Tips Pemberian Pakan Yang Baik Untuk Merpati Hias

Taugitu.com, Pakan merupakan kebutuhan pokok bagi mahluk hidup, tak terkecuali bagi hewan peliharaan kita, pakan merupakan bahan makanan bagi mahluk hidup yang dibutuhkan untuk hidup dan berkembang biak. Kekurangan pakan tentunya dapat menyebabkan hewan peliharaan kita tidak dapat berkembang dengan baik, bahkan dapat menyebabkan kematian. Sumber pakan yang baik minimal mengandung mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh, setidaknya pakan mengandung unsur karbohidrat, lemak dan protein. Karbohidrat dan lemak diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi, sedangkan protein diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel otot.

Pemberian jenis pakan yang tepat bagi hewan peliharaan sangat berpengaruh terhadap tingkat produktifitas, adakalanya hewan peliharaan yang banyak diberi pakan justru tidak berkembang biak dengan baik, hal tersebut kemungkinan karena pola makan dan pemberian jenis pakan yang kurang tepat. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang cukup bagi para pemilik hewan peliharaan.

Merpati Hias salah satu dari sekian banyak jenis hewan peliharaan adalah yang paling rentan kekurangan asupan gizi. Karena biasanya, jenis hewan ini dikembangbiakkan dalam kandang khusus, atau kandang tertutup. Kebutuhan akan sumber mineral dan vitamin bagi merpati hias hanya bergantung dari pemberian pakan sang pemilik, karena merpati tidak bisa bebas mencari pakan sendiri. Oleh karena itu simak beberapa tips berikut ini yang diambil penulis dari beberapa sumber terpercaya dan pengalaman pribadi
Pakan Merpati

Berikan Pakan Yang Mengandung Vitamin Dan Mineral 

Merpati Hias adalah jenis burung yang menyukai pakan jenis biji-bijian, jenis pakan yang disarankan oleh para peternak Merpati Hias adalah jagung, beras merah, beras ketan hitam, kacang hijau dan juga gabah. Jenis pakan tersebut banyak mengandung karbohidrat, lemak, dan protein serta multivitamin komplek. Kacang hijau merupakan jenis pakan yang dianjurkan diberikan sebagai pakan tambahan untuk menjaga kesuburan burung. Kita juga bisa menambahkan grid untuk membantu proses pencernaan.

Atur Waktu Pemberian Pakan

Ternyata mengatur jadwal pemberian pakan berpengaruh terhadap sedikit banyaknya tingkat konsumsi pakan, berikan pakan secukupnya dengan waktu yang teratur, misalkan pagi hari dan sore hari. Pagi hari adalah waktu yang baik memberikan pakan, karena waktu pagi hari sistem pencernaan tubuh burung merpati dalam keadaan baik. 8-10 jam adalah selang waktu yang ideal antara pemberian pakan yang pertama dan kedua, karena proses pencernaan makanan dari pertama kali masuk, dicerna usus dan diserap lambung adalah sekitar 10 jam.

Berikan pakan yang sejenis. 

Merpati Hias menyukai beberapa jenis pakan, oleh karena itu kita harus jeli memilih jenis pakan tersebut, usahakan memberikan satu jenis saat pemberian pakan, misalkan jagung saat pagi hari, dan beras merah saat sore hari. Hal ini dilakukan agat merpati hias tidak memilih-milih jenis pakan apalagi pakan diberikan bersamaan, pemberian pakan lebih dari satu jenis menjadikan burung merpati hias mengacak-acak dan memilih jenis pakan yang lebih disukai.

Berikan Pakan Dengan Ukuran Yang Tepat

Anda harus mengetahui seberapa banyak kebutuhan pakan yang dibutuhkan merpati setiap hari, jangan memberikan pakan secara berlebihan atau kurang. Idealnya merpati membutuhkan pakan 30% dari berat badannya. Selain itu, ternyata merpati lebih menyukai pakan dalam bentuk biji yang memiliki ukuran ideal dengan paruhnya. Anda bisa memberikan pakan jenis jagung madura , beras merah dan voer buatan pabrik, jenis pakan tersebutsangat disukai merpati, namun menurut hasil penelitian, merpati lebih memilih jenis pakan yang mudah diambil dengam paruhnya.

Semoga tips diatas bermanfaat.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon