30 April 2016

Menjaga Sistem Reproduksi Merpati, Dengan Kacang Hijau

Taugitu.com, Kacang hijau merupakan jenis polong-polongan, mempunyai bentuk bulat. Sebagian kacang hijau berwanrna hijau mengkilat, sebagian berwarna hijau kusam. Biji ini mengandung anti nutrisi tripsin inhibitor. Kacang hijau hampir tumbuh disemua tempat di Indonesia. Produksi kacang hijau di Indonesia sebesar 257 129 ton dengan produksi terbesar terdapat di Jawa Tengah yaitu 97 588 ton (BPS 2013). Daerah produksi kacang hijau terdapat di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang mana Pulau Jawa merupakan penghasil utama kacang hijau.

Dari 100 gram kacang hijau setidaknya mengandung protein 22 gram, lemak 1,2 gram, karbohidrat 63 gram, energi 345 kkal dan sisanya terbagi menjadi serat, kalium, Besi, Vitamin, fosfor, zat besi dan air.

Kacang Hijau Untuk merpati

Kacang hijau cocok diberikan pada burung peliharaan yang masuk musim kawin, kacang hijau mengandung protein yang tinggi, mampu membantu pembentukan kuning telur dan memperbesar peluang embrio tumbuh dengan normal. kekurangan protein juga menyebabkan burung menjadi kerdil, bulu rusak dan terlihat murung dan mencabuti bulunya sendiri. Selain itu dalam penelitian, kacang hijau mempunyai beberapa manfaat yaitu :
  • Membantu proses pembentukan sel otot dan otak
  • Membantu tubuh memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan
  • Menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis
  • Melancarkan proses pencernaan
  • Melancarkan alirah darah serta menyehatkan jantung
Berikan kacang hijau seminggu sekali kira-kira 100 gram pada burung merpati, untuk tetap menjaga kebutuhan protein serta menjaga kesuburan sistem reproduksi merpati. 

Semoga bermanfaat

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon