06 September 2016

Pengalaman Penggunaan Minyak Ikan Untuk Merpati Hias

Taugitu.com, - Kali ini saya ingin membagi pengalaman penggunaan minyak ikan untuk merpati, meskipun sebelumnya saya pernah membahas artikel yang serupa, tapi gag ada salahnya berbagi kembali. Awalnya saya memiliki 2 ekor Merpati Hias yang mengalami kekurangan gizi. Yah kalo diibaratkan manusia, mungkin kena busung lapar, meskipun pemberian pakan selalu terpenuhi, tapi dua ekor Merpati Hias yang saya pelihara memiliki badan yang amat sangat kurus. Hingga tulang dadanya menonjol berbentuk lancip. Bentuk bulunya kusam, kotoran burung terlihat kental dan berwarna hijau terkadang coklat, ekor mengarah kebawah, bulu sayap terlihat jatuh dan burung selalu diam.

Awalnya saya mengira Merpati tersebut terserah cacingan yang amat sangat parah, sayapun telah memberikan berbagai obat cacing, bahkan saya memberikan dosis yang tinggi. Namun hasilnya nihil, merpati tetap saja kurus dan kurang nafsu makan, saya juga tidak menemukan adanya cacing yang ikut keluar bersama kotoran. Setelah bertanya kepada rekan-rekan peternak Merpati, beberapa teman menyarankan untuk memberikan minyak ikan secara rutin, akhirnya saya pun memutuskan untuk mencobanya, minyak ikan diketahui mengandung vitamin D dan asam amino, dari yang saya ketahui, kegunaan mineral tersebut membantu meningkatkan nafsu makan, mengganti sel kulit serta mempercantik dan mencerahkan warna bulu burung.


Hari pertama, saya memberikan sebutir minyak ikan kepada burung yang terserang busung lapar tersebut, sampai beberapa hari saya rutin memberikannya, dan kadang saya memberikan dua butir sebelum diberi makan, dengan harapan setelah diberi minyak ikan dalam kondisi lapar, burung akan lebih mudah mencerna dan menyerap kandungan mineral minyak ikan tersebut. Dan setelah beberapa hari, kondisi burungpun terlihat mulai membaik, yang awalnya burung nampak murung, mulai terlihat aktif dan terlihat nafsu makan mulai meningkat. Kini burung merpati yang terserang busung lapar tersebut, berat badannya mulai meingkat dan terlihat gemuk, selain itu warna bulunya juga terlihat cerah, burung menjadi lebih aktif dan berani berinteraksi dengan burung lainnya.

Ternyata memang benar, pemberian minyak ikan mampu membantu menambah nafsu makan sekaligus menjadikan bulu dan warna burung lebih cerah dan cantik, selain itu juga minyak ikan mampu menghindarkan burung dari serangan penyakit, membantu menjaga kesuburan reproduksi burung. Namun ada baiknya untuk memberikan minyak ikan sesuai dosis dan kebutuhan, anda bisa memberikannya sebutir setiap minggu sebagai tindakan pencegahan terhadap serangan penyakit, dan menjaga daya tahan tubuh.

Sekian sharing pengalaman dari saya, semoga bermanfaat.
(Pengalaman pribadi)

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon