05 September 2016

Tips Memilih Jenis Merpati Hias Sebagai Usaha Bisnis

Taugitu.com, - Beternak Merpati Hias menjadi salah satu usaha yang bisa dikatakan menjanjikan, karena usaha jenis ini belum banyak dikembangkan. Harga sepasang Merpati Hias induk kelas lokal dapat dihargai antara 120 ribu sampai dengan 4 juta rupiah, sedangkan Merpati Hias impor mencapai harga 4 juta sampai dengan 15 juta perpasang.

Nah, coba anda bayangkan jika anda memiliki sepasang Merpati Hias impor kemudian anda kembangkan hingga menjadi beberapa pasang, dengan hitungan kotor dalam setahun sepasang induk mampu menghasilkan 6-8 pasang anakan. Terbayang bukan keuntungan yang anda dapatkan dari beternak Merpati Hias. Sebenarnya beternak Merpati Hias tidaklah sesulit yang kita bayangkan, asalkan kita mengetahui cara perawatannya, karena makanan dari Merpati Hias tidaklah berbeda dari jenis merpati lokal, yaitu menyukai biji-bijian seperti jagung, beras, ataupun voor sebagai makanan campuran hasil olahan pabrik. Oleh karena itu perlu pengetahuan, baik dalam pemilihan bibit ataupun perawatan agar kita dapat mendapatkan keuntungan ekonomi dan menghindari kerugian.

Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan memberikan gambaran singkat proses perkembangbiakan Merpati Hias.

Merpati Hias memiliki kesamaan dengan merpati endemik/lokal dalam hal masa produksi, yaitu antara umur 6-8 bulan merpati mulai memasuki masa birahi dan mulai belajar kawin, dan biasanya akan bertelur diusia 7-8 bulan. Sepasang merpati dalam satu bulan menghabiskan antara 4-5 kilo pakan, jika diasumsikan Merpati diberikan jenis pakan jagung, beras merah san voor, maka akan menghabiskan biaya antara 25 ribu - 40 ribu rupiah/bulan, Dalam satu tahun sepasang merpati dapat menghasilkan antara 4-7 pasang anakan, namun jika menggunakan induk babuan, maka sepasang merpati dapat menghasilkan 8-14 pasang anakan. Nah jika anda sudah mendapatkan gambaran biaya dan hasil yang didapatkan. Maka saya akan berikan tips memilih jenis Merpati Hias yang baik untuk dikembangkan.
Merpati Hias Felegyhazer Tumbler
  1. Pilih Induk Merpati Hias yang berkualitas, baik dari kesehatan, penampilan, warna bulu dan kerapian warna
  2. Pilih jenis Merpati yang mudah dikembangkan, karena ada beberapa jenis merpati yang membutuhkan babuan untuk merawat anaknya, seperti merpati jenis Clasic Oriental Frill ataupun Modern Oriental Frill yang memiliki paruh pendek.
  3. Pilih jenis merpati yang mudah dipasarkan, namun tetap memiliki harga bersaing.
  4. Pertimbangkan untuk mengembangkan jenis merpati hias yang memiliki harga mahal jika anda tidak memiliki pengetahuan dalam pemasaran, karena merpati yang memiliki harga mahal relatif lebih sulit dipasarkan, dan biasanya untuk kalangan tertentu.
Nah tips pemilihan jenis merpati hias diatas hanyalah sedikit gambaran dari ratusan tips lainnya, anda juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan, biaya pembuatan kandang, pembelian obat-obatan dan tentunya bagaimana cara anda memasarkan, agar sukses dan keuntungan ekonomi dapat anda raih. Silahkan jika anda berminat mengembangkan merpati hias, anda dapat bergabung dalam komunitas online di media sosial, andapun dapat memasarkan hasil ternak melalui media sosial. Happy Breeding.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon