Thursday

Pengertian dan Jenis-Jenis Remisi

Taugitu.com, - Kita sering mendengar kata remisi, namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya remisi itu ! Remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan substantif dan administratif.

Remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana terkecuali bagi narapidana yang divonis pidana mati atau seumur hidup.

Remisi merupakan program pemerintah dalam memberikan motivasi kepada narapidana dan anak pidana untuk selalu berkelakukan baik, selain itu remisi bertujuan untuk  menurunkan tingkat tekanan psikologis massa, sehingga hal ini diharapkan dapat mereduksi atau meminimalisasi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lembaga Pemasyarakatan berupa pelarian, perkelahian dan kerusuhan lainnya.

Pengertian dan Jenis-Jenis Remisi


Jenis-Jenis Remisi


Ada beberapa jenis remisi yang diberikan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan berdasarkan waktu dan latar belakang pemberian remisi :

Remisi umum diberikan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus

Remisi khusus (keagamaan) diberikan setiap tanggal hari raya keagamaan sesuai agama Warga Binaan Pemasyarakatan masing-masing.

Remisi tambahan diberikan bersamaan dengan remisi umum, remisi tambahan berupa Remisi berbuat jasa kepada Negara, Remisi perbuatan yang bermanfaat bagi Negara atau Kemanusiaan, Remisi melakukan perbuatan yang membantu kegiatan pembinaan (Remisi Pemuka) di Lembaga pemasyarakatan

Remisi atas kejadian luar biasa, misalnya: remisi yang diberikan saat terjadi bencana alam dan narapidana kembali ke Lapas.

Remisi dasawarsa adalah remisi yang diberikan pada setiap 10 tahun Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Remisi untuk kepentingan kemanusiaan diberikan kecuali narapidana yang terkena Pasal 34A ayat 1 (PP 99). Contoh Remisi anak diberikan pada hari anak, Remisi lansia diberikan pada hari lansia, Remisi sakit berkepanjangan diberikan pada hari kesehatan.

Remisi perubahan jenis pidana, contoh Perubahan pidana seumur hidup menjadi pidana sementara dan pidana mati yang dirubah dengan Grasi.

Demikian pengertian Remisi dan Jenis-Jenis Remisi berdasarkan waktu pemberian dan hal yang melatarbelakanginya.

Semoga bermanfaat.

Manusia biasa yang pingin pinter dan berguna buat diri sendiri dan orang lain.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon