7 Kota Terpadat Di Dunia, Jakarta di Peringkat ini

Taugitu.com, Kota merupakan suatu wilayah pemukiman dan kegiatan penduduk yang memiliki batas administrasi. Suatu wilayah dapat di sebut sebagai kota jika memiliki kriteria tertentu. Pada umumnya, masyarakat mengenali suatu wilayah disebut sebagai kota jika wilayah tersebut merupakan wilayah yang berkembang dengan dukungan modernisasi dalam berbagai hal, seperti layanan transportasi dan komunikasi, serta layanan publik lainnya. 

Selain itu ciri suatu kota juga dapat dikenali sebagai wilayah yang menjadi pusat suatu kegiatan, baik pusat pemerintahan, pusat pendidikan, pusat perdagangan dan bisnis serta pusat hiburan.

7 Kota Terpadat di Dunia 2021


Pemukim yang tinggal di perkotaan umumnya bersifat heterogen atau berasal dari wilayah yang berbeda-beda, lebih condong memiliki sifat sosial Gesellschaft atau lebih memprioritaskan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum.

Segala fasilitas yang dimiliki kota, tentunya semakin menarik adanya urbanisasi dari wilayah desa ke kota, hingga menyebabkan kepadatan penduduk di kawasan perkotaan yang tentunya akan menimbulkan masalah baru, baik sosial, kesehatan, lingkungan hingga munculnya kriminalitas. 

Situs worldpopulationreview.com dalam laporan terbarunya telah merilis daftar nama Kota di Dunia mulai yang terpadat hingga paling sepi.

Berikut adalah 7 Kota Terpadat Di Dunia 


Tokyo

Tokyo Peringkat 1 Kota Terpadat Di Dunia

Tokyo adalah ibukota Negara Jepang, memiliki nama resmi Metropolis Tokyo yang saat ini memiliki populasi berjumlah 37.435.191 jiwa, Luas wilayah wilayah Tokyo yang hanya 2.194 km² memaksa penduduk disana hidup berhimpitan, rata-rata dalam 1 kilometer persegi wilayah dihuni oleh 6.224,66 orang .

Peningkatan jumlah populasi di Tokyo tidak lepas dari peningkatan ekonomi yang meroket, hal tersebut mempengaruhi wilayah disekitar tokyo turut berkembang sehingga mempengaruhi batas prefektur (wilayah) asli Tokyo.

Tingginya urbanisasi dari wilayah prefektur lain ke Tokyo juga mempengaruhi tingkat populasi di Tokyo, hal tersebut dikarenakan Tokyo menjadi pusat bisnis, ekonomi, jasa dan hiburans terpesat di negara Jepang, untuk mengatasinya pemerintah jepang saat ini mulai memindahkan pusat-pusat bisnis ke wilayah lain, agar populasi di Tokyo dan berkurang.


Delhi 


Delhi menjadi kota terpadat kedua di dunia
Saat ini Delhi memiliki populasi 29.399.141 jiwa, dinobatkan sebagai kota terpadat di dunia kedua setelah Tokyo, meskipun demikian Delhi ternyata menjadi kota dengan pertumbuhan penduduk tercepat di dunia, tercatat pada tahun 1901 penduduk Delhi hanya sekitar 400.000 jiwa. 

Selain itu, kepadatan penduduk di Delhi juga menjadi yang tertinggi di dunia, yaitu sekitar 29.259 jiwa per mil persegi. 


Shanghai 

Shanghai menempati peringkat ketiga kota terpadat di dunia

Posisi ketiga Kota terpadat di dunia di tempati oleh Shanghai, dengan jumlah populasi mencapai 26.317.104 jiwa, Kota Shanghai adalah pusat keuangan utama dan kota global dan terletak di muara Sungai Yangtze di Delta Sungai Yangtze di Cina Timur, dikenal sebagai Mutiara dari Timur dan Paris dari Timur. 

Kota Shanghai memiliki luas wilayah 6.340,5 kilometer persegi atau sepadan dengan luas wilayah Jabodetabek, dengan kepadatan penduduk mencapai 3.854 orang per kilometer persegi.


Sao Paulo

Sau Paulo Brasil menempati posisi ke-empat kota terpadat di dunia

Kota Sau Paulo merupakan Ibukota Brasil, sekaligus kota terpadat di Brasil dan terpadat keempat di dunia, Sau Paulo memiliki populasi 21.846.507 jiwa, wilayah yang dikenal dengan Sepakbola ini dahulu merupakan tujuan para Imigran Asing mencari pekerjaan, maka tidak heran jika di Sau Paulo saat banyak dihuni oleh penduduk keturunan, tercatat ada sekitar 6 juta jiwa penduduk merupakan keturunan Italia, 3 juta jiwa keturunan Portugis,  1,7 juta jiwa keturunan afrika, 1 juta jiwa keturunan Arab dan selebihnya merupakan keturunan Jepang, Jerman, Prancis dan Yunani.


Kota Meksiko

Kota Meksiko menempati posisi Kelima terpadat di dunia

Kota Meksiko dinobatkan sebagai kota terpadat kelima di dunia, kota ini merupakan ibukota negara Meksiko, Populasi di Kota ini mencapai 21.671.908 jiwa, menghuni wilayah seluas 1.485 kilometer persegi.

Kota Meksiko dikenal sebagai pusat keuangan terbesar wilayah amerika utara, kota ini merupakan kota berbahasa Spanyol terbesar di dunia.


Kairo 

Kairo menempati posisi keenam sebagai kota terpadat di dunia

Posisi keenam sebagai kota terpadat di dunia ditempati oleh Kota Kairo, Mesir dengan populasi 20.484.965 jiwa, setiap 1 kilometer persegi dihuni oleh 19.376 orang.

Kairo terletak dekat Delta Nil menjadikannya sebagai pusat peradaban, kairo digambarkan sebagai pertemuan perpaduan Mesir dunia lama dan Mesir dunia baru, jadi tidak heran jika di kota ini masih mudah dijumpai bukti sejarah kemajuan bangsa mesir jaman dahulu.

Mayoritas penduduk Kairo beragama Islam yaitu sekitar 89% dari penduduk kairo secara keseluruhan, Bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab


Dhaka 

Dhaka menjadi kota terpadat di dunia nomor 7

Ibukota Negara Bangladesh ini dinobatkan sebagai Kota Terpadat ketujuh di dunia dengan populasi  20.283.552 jiwa, dengan luas wilayah 306 kilometer persegi,  jika membandingkan jumlah penduduk dan luas wilayah, maka kepadatan kota Dhaka merupakan kota terpadat kedua di dunia yaitu sekitar 23.234 perkilometer persegi.

Kemacetan adalah salah satu akibat dari padatnya populasi di Dhaka, namun anda tak perlu khawatir saat menghadapi kemacetan di Dhaka sebab tak separah di Jakarta, Anda hanya perlu berhimpitan dengan para tukang becak yang memadati jalan raya.

Jakarta sebagai ibukota negara dan sebagai kota terbesar di Indonesia, menduduki peringkat ke 29, sebagai kota terpadat di Dunia.

Sumber : wikipedia, worldpopulationreview.com, merdeka.com

Saksikan Video :



7 Kota Terpadat Di Dunia, Jakarta di Peringkat ini 7 Kota Terpadat Di Dunia, Jakarta di Peringkat ini Reviewed by Admin on October 26, 2021 Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

Powered by Blogger.