02 March 2015

Cara Menjadikan Perangkat Android Sebagai Hotspot Wifi Portabel

Taugitu.com, - Hotspot Wi-Fi Portabel adalah Fitur yang dimiliki oleh sebagian besar smartphone berbasis Android, melalui fitur ini kamu dapat menjadikan perangkat smartphone sebagai Wi-Fi Portabel yang memungkinkan pembagian sambungan data ke beberapa beberapa perangkat komputer / Smartphone lainnya. sehingga komputer yang terkonek melalui jaringan wifi portabel dapat melakukan browsing di internet, selain itu juga layanan ini memungkinkan pengguna mengakses data dalam perangkat android.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna smarpthone dapat mengaktifkannya melalui menu pengaturan yang terdapat dalam perangkat android. untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah dibawah ini :

  1. Masuk ke menu, kemudian cari menu Setting / Pengaturan
  2. Pilih Konektivitas, dan pilih selengkapnya / (Wireless & network), kemudian akan muncul beberapa sub menu, pilih Tethering & Hotspot Portabel.
  3. Kamu akan masuk dibeberapa pilihan, pilih hotpsot Wi-Fi portabel dan aktifkan dengan cara centang kotak pada pilihan.
  4. selanjutnya pilih Setelan hotspot Wi-Fi portabel, atur nama Wi-Fi atau SSID Jaringan, untuk pilihan keamanan pilih WPA2 PSK, kemudian masukkan kata sandi, kata sandi yang kamu masukkan nantinya akan digunakkan sebagai sandi/pasword bagi pengguna / perangkat lain yang hendak menyambungkan perangkatnya ke Wi-fi portabel kamu, setelah selesai kemudian simpan
  5. Selanjutnya agar Wi-Fi kamu dapat ditemukkan dan disambungkan dengan perangkat lain, maka kamu harus mengatur agar Wi-Fi dapat terlihat atau ditemukan oleh perangkat lain, setelah itu simpan.
Tethering & Wi-Fi Portabel
Cara tersebut diatas menggunakan smartphone Android Sony Xperia, jika kamu menggunakan perangkat android dengan merk lainnya, silahkan cek terlebih dahulu di menu pengaturan konektifitas, setelah itu kamu hanya tinggal menyesuaikan pengaturannya, kurang lebih sama dengan langkah-langkah yang telah saya sebutkan diatas.

Selain dapat digunakan untuk browsing Internet menggunakan Wi-Fi Portabel, kamu juga bisa menggunakan perangkat Android sebagai modem, langkah-langkahnya sama seperti cara diatas, dan menyiapkan Kabel USB/ Data. namun, pada pilihan ini, kamu harus menginstall terlebih dahulu driver android kamu ke Laptop / PC yang kamu gunakan, tapi jika kamu menggunakan OS windows 7 atau windows 8, biasanya perangkat akan terdeteksi dan menginstal driver secara otomatis. setelah perangkat Android tersambung, ikuti langkah seperti diatas, namun pada pilihan konektifitas pilih konektifitas dengan Kabel USB lalu simpan (gambar 6). tunggu beberapa saat, dan akan segera muncul pemberitahuan di PC bahwa PC kamu telah tekoneksi. untuk mengecek silahkan lihat icon di PC kamu, biasanya ada disudut kanan bawah.

Selamat mencoba !!

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon