02 March 2015

Cara Membagikan Secara Otomatis, Artikel Ke Facebook

Taugitu.com, - Facebook merupakan Jejaring Sosial pertemanan dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia sejak pertama kali didirikan pada tahun 2004 lalu, tercatat jumlah pengguna facebook mencapai 1.3 Milyar lebih pengguna pada tahun 2015, hal tersebut menjadikan perusahaan facebook sebagai perusahaan tersukses, serta menjadikan pembuat sekaligus pemilik perusahaan facebook, Mark Zuckerberg tercatat sebagai pemuda terkaya yang mampu meraup pendapatan Rp. 11 Triliun perbulan.

Dengan banyaknya pengguna facebook, medsos tersebut sering digunakan oleh para pemilik usaha sebagai media berpromosi. Selain itu, facebook juga digunakan sebagai media menyampaikan sebuah Informasi kepada publik, dengan semakin berkembangnya teknologi pada perangkat informasi, memudahkan semakin banyak user mengakses medsos tersebut melalui perangkatnya, seperti seluler, tablet maupun perangkat canggih lainnya.

Hal tersebut nampaknya juga dimanfaatkan oleh para pemilik dan pengelola situs, baik situs milik pemerintah, swasta, maupun milik perorangan, untuk sekedar membagikan informasi, menarik jumlah pengunjung ke situs, serta sarana mempromosikan berbagai produk perusahan mereka. Dengan begitu, artikel atau produk yang dipublikasikan oleh pengelola situs yang dibagikan ke medsos facebook, akan lebih cepat tersebar dan tentunya akan cepat terindeks dan mendapat peringkat yang bagus di mesin search engine seperti google, yahoo dan bing.
Bagi para pengelola Situs atau Blog, facebook dan juga media sosial lainnya, sering digunakan sebagai media untuk menyebarkan informasi dari situs/blog yang dikelolanya. Hal tersebut merupakan salah satu cara memperkenalkan situs/blog miliknya cepat tersebar dan diketahui oleh para pengguna internet. selain itu, cara tersebut juga dianggap sebagai cara yang mudah dan murah guna menaikkan jumlah pengunjung/visitor. Nah, jika jumlah pengunjung blog meningkat hal tersebut tentunya memberi nilai plus bagi para pemilik situs/blog yang memonetisasi (mencari penghasilan) dari situs/blog milik mereka, semakin banyak pengunjung, maka kemungkinan jumlah pendapatan yang akan dihasilkan juga akan semakin besar, meskipun hal tersebut bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi penghasilan, karena banyak faktor seperti konten berkualitas, SEO On Page dan Off Page dan lain sebagainya.

Nah, saya akan membagikan salah satu cara, bagaimana membagikan artikel atau postingan baru  secara otomatis ke situs media sosial. seperti facebook, Twitter, dan juga google+ (google plus).

Cara membagikan secara otomatis artikel baru ke jejaring sosial facebook.
  • Masuk ke akun facebook kamu, kemudian pada kotak search / cari ketikkan  Rss Graffiti, setelah ketemu aplikasi tersebut, kemudian klik icon aplikasi
taugitu.com-RSS Graffiti 1
  • Kamu akan diarahkan ke beranda aplikasi Rss Graffiti, Klik tombol add new publishing plan, isikan nama sesuai yang kamu inginkan, jika sudah selesai klik create publishing plan.
taugitu.com-RSS Graffiti 2
  • Langkah berikutnya klik add new pada sources, dan isikan sources kode rss feed atom blog milik kamu, untuk mendapatkan kode atom masuk ke situs/blog, klik kanan pada layar blog, dan pilih view page info, akan muncul informasi tentang blog kamu, klik tombol feeds atom, pilih salah satu url rss atom yang ada di blog kamu, kemudian pastekan di kolom source kode di rss graffiti kemudian klik add source.
taugitu.com-RSS Graffiti 3
  • Kamu akan dibawa ke tab selanjutnya, yaitu tab feed setup, isi jumlah maximum Post per update sesuai keinginan, kolom yang lain tidak perlu kamu rubah. kemudian save.
taugitu.com-rss grafiti 6
  • Setelah itu, klik target seting dibilah kanan, pilih target / choose target dimana artikel kamu akan dibagikan, di beranda facebook kamu, halaman fun page, atau di grup facebook yang kamu miliki, setelah itu pilih publish on behalf of, yaitu nama yang ditampilkan sebagai publisher menggunakan nama facebook atau nama halaman fun page yang kamu miliki. (banyaknya pilihan publisher dan halaman tergantung berapa grup dan fun page yang kamu miliki). Setelah itu kamu dapat memilih format tampilan artikel di facebook, jika tidak ingin merubah pilihan, kamu dapat langsung mengklik save. 
taugitu.com-RSS Graffiti 4
  • Langkah terakhir, kamu harus mengklik tombol bergambar panah dengan tulisan Off, dan setelah diklik tombol akan berubah menjadi warna hijau dan bertuliskan On.
taugitu.com-RSS Graffiti 5

Langkah untuk mempublikasikan artikel secara otomatis di facebook telah selesai, setelah kamu memperbaharui artikel disitus/blog, maka dalam beberapa menit, artikel akan muncul secara otomatis di beranda facebook, funpage, ataupun grup yang telah kamu daftarkan di rss graffiti, untuk menambahkan beberapa rss feeds dari situs/blog ke target yang sama, kamu hanya perlu menambahkan sources kode rss feeds dengan memilih tombol di add new sources. Tetapi, jika kamu ingin menambahkan lebih banyak situs/blog ke target yang berbeda, kamu hanya perlu mengulang langkah-langkah seperti diatas.

Demikian artikel Cara Membagikan Artikel Ke Facebook Secara Otomatis, semoga bermanfaat bagi blogger pemula. Terimakasih telah membaca artikel ini, pada artikel selanjutnya akan saya bahas cara membagikan artikel secara otomatis ke twitter dan akun google+

4 komentar

Makasih..sharing yang bagus.. saya bener-bener baru tahu hal tersebut, segera praktekan. Salam sukses!

Sama-sama mbak windi, sukses juga untuk mbak windi.. !!!!

terima kasih untuk artikelnya.. sangat membantu sekali dalam membantu mempromosikan blog

Sama sama, tapi maaf sebelumnya. Utk rss grafiti saat ini sudah menghetikan layanannya.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon