Resep Kue Barongko Legit Dan Lembut

Taugitu.com, Kue Barongko begitu sebutan yang diberikan oleh warga masyarakat di pulau Sulawesi, adalah salah satu nama kue yang berasal dari daerah Bugis Makassar.

Kue Barangko terbuat dari bahan dasar buah pisang kepok yang dihaluskan / diblender yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Kue ini mempunyai rasa yang manis, lembut di mulut dan pas banget dinikmati sebagai kue takjil untuk berbuka puasa. 

Kue yang lezat dinikmati saat dingin ini menjadi salah satu jajanan pasar khas di daerah Sulawesi, bukan hanya warga masyarakat disana yang menyukainya, umumnya orang-orang yang baru pertama kali mencicipi kue ini langsung suka, bukan cuma para orang tua, tapi juga anak-anak dan juga para remaja. 

Baca juga : Resep Kue Tetu Khas Sulawesi Yang Gurih Dan Manis


Kue ini sering disajikan pada acara pesta, seperti pesta pernikahan, syukuran dan hampir menjadi kue yang wajib ada disetiap perhelatan kegiatan kemasyarakatan, seperti acara adat,  Anda para ibu rumah tangga yang ingin mencoba membuat Kue barongko sendiri dirumah, berikut resep sekaligus cara membuatnya :

Kue Barongko
Kue Barongko Khas Sulawesi

Bahan - Bahan


1. 1 Sisir Pisang kepok

2. 5 Butir Telur

3. 300 gram Gula pasir

4. Santan kental kira-kira 250 ml

5. 1 Kaleng Susu kental

6. Vanili dan garam secukupnya serta siapkan pula daun pisang yang masih muda sebagai pembungkus.

Cara membuat


1. Kupas pisang dan buang bagian hitam yang terdapat pada pangkal dan ujung daging pisang.

2. Masukkan pisang dalam blender dan campurkan air santan, Blender pisang sampai halus

3. Masukkan adonan pisang yang telah halus kedalam baskom dan campurkan telur, kocok hingga telur dan adonan pisang bercampur merata

4. Kemudian campurkan gula, garam, vanili dan juga susu

5. Tuang adonan menggunakan cangkir kedalam pembukus dari daun pisang muda, kemudian ikat atau anda dapat menggunakan hekter untuk mengunci bungkusan Kue barongko agar tidak tumpah

6. Kukus kurang lebih selama 25 menit

7. Angkat dan tiriskan.
Anda dapat menikmatinya selagi hangat, namun jika anda ingin merasakan sensasi kenikmatan kue barongko yang lebih maknyus, ada baiknya anda menyimpannya didalam kulkas dan menikmatinya setelah kue Barongko dingin. 

Selamat Mencoba !
Resep Kue Barongko Legit Dan Lembut Resep Kue Barongko Legit Dan Lembut Reviewed by Admin on June 23, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.