12 January 2016

Cara Membasmi Kutu Pada Burung Merpati

Taugitu.com, - Kutu, adalah hewan inang yang menempel pada tubuh mahluk hidup baik manusia atau hewan lainnya untuk hidup dan berkembang biak, kutu hidup dengan menghisap darah dari tubuh mahluk hidup yang menjadi inangnya, Adanya kutu atau tungau yang menempel pada tubuh inang, menyebabkan dampak buruk, mulai dari gatal, borok, kerontokan rambut/bulu bahkan menyebabkan kematian pada beberapa hewan.

Obat Kutu atau GuremKhusus pada hewan peliharaan merpati, kutu akan menempel pada batang bulu, meletakkan telurnya disela sela bulu, kemudian menghisap darah untuk mendapatkan makanan demi kelangsungan hidupya. Merpati yang tubuhnya diinangi oleh kutu biasanya terlihat tidak tenang, seperti risih, dan sering mencabuti bulunya. Keberadaan kutu pada tubuh merpati dapat menyebabkan kerontokan bulu, bulu menjadi kusam dan berlubang, bahkan menyebabkan borok yang akan berakibat kematian.

Nah untuk mencegah agar merpati terhindar dari kutu, maka rajin-rajinlah membersihkan kandang merpati, mandikan merpati dua minggu sekali baik dengan memandikan langsung dengan ember ataupun dengan menyemprot dengan alat spray, atau jika sobat tidak sempat, minimal.sediakan tempat mandi untuk burung jika sobat menggunakan sistem kandang umbaran. semprot kandang merpati dengan obat desinfektan sebulan sekali, agar kutu, lalat, belatung dan bakteri pembawa penyakit lainnya mati, jemur kandang dibawah terik matahari minimal dua minggu sekali, jika sobat telah melakukan hal-hal tersebut diatas, maka keberadaan kutu dan penyakit lainnya dapat diminimalisir.

Namun jika Merpati peliharaan sobat telah terlanjur terkena kutu, mungkin membutuhkan sedikit perawatan ekstra untuk mengobatinya. untuk membasmi kutu yang menyerang merpati sobat lakukan cara berikut :
  1. Sediakan air dalam ember sekitar 5-10 liter
  2. Tambahkan sabun anti biotik semacam dettol, namun sobat juga bisa menggunakan obat gurem yang banyak dijual di toko peternakan.
  3. mandikan burung dengan cara dimasukkan / ditenggelamkan ke dalam air, dari mulai ekor sampai batas leher
  4. Basahi bulu burung secara merata. biasanya kutu banyak menempel di bagian bawah sayap.
  5. Jika sudah seluruh bulu basah, jemur burung dibawah terik matahari pagi, atau jemur ditempat teduh dan berangin saat siang hari.
  6. Jika telah kering, periksa kembali bulu burung, kepakkan sayap burung merpati agar kutu dan telur kutu yang telah mati jatuh, 
  7. Keesokan harinya, mandikan merpati dengan cara daiats minimal dua kali, agar merpati benar - benar bebas dari kutu.
Saat hendak memandikan burung, usahakan kondisi burung dalam keadaan sehat.
Demikian sharing pengalaman dari saya, semoga bermanfaat .

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon