12 February 2017

Pencegahan Penyakit Pada Merpati Saat Musim Hujan

Taugitu.com, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki iklim tropis, sebagai negara tropis, Indonesia memiliki 2 (dua) musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan, namun akhir-akhir ini, kondisi cuaca di sulit untuk diprediksi, adanya pemanasan global nampaknya berpengaruh juga terhadap pola pergantian musim di Indonesia, musim penghujan kali ini dirasakan lebih lama dibandingkan musim kemarau, hal ini menyebabkan terjadinya beberapa musibah seperti banjir dan tanah longsor dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi.

Musim hujan juga akan mempengaruhi kondisi suhu udara, intensitas hujan yang tinggi jelas akan semakin membuat suhu lebih dingin, kondisi inilah yang menyebabkan beberapa jenis hewan ternak mengalami kematian disebabkan munculnya penyakit saat musim hujan dan juga tidak mampu bertahan dari cuaca dingin. Salah satu hewan peliharaan yang mudah terkena penyakit dan mudah mati saat musim hujan yaitu jenis unggas, Merpati Hias adalah salah satu jenis unggas yang banyak dikembangbiakkan, merpati memang sangat cocok hidup di wilayah beriklim tropis, namun ketika tiba musim hujan, hewan inilah yang mudah terserang penyakit dan mengalami kematian.
Tindakan Pencegahan.

Obat merpati sakit

Untuk melakukan pencegahan terjadinya kematian terhadap merpati saat musim penghujan, ada baiknya para penghobby merpati maupun peternak melakukan beberapa tips dibawah ini :
  1. Menyediakan lampu, inilah salah satu cara yang banyak dilakukan para peternak unggas untuk menanggulangi serangan cuaca dingin saat musim penghujan, hal ini dapat membuat suhu dalam kandang lebih hangat, yaitu dengan memasang beberapa lampu listrik dalam kandang, disarankan memasang lampu berwarna kuning karena memiliki panas lebih tinggi jika dibandingkan lampu berwarna putih (neon)
  2. Tutup kandang, yaitu dengan menambahkan beberapa penyekat seperti triplek atau bahan lainnya untuk menutup bagian-bagian kandang yang terbuka, hal ini untuk menghindari suhu dingin yang secara langsung masuk dalam kandang.
  3. Sediakan tangkringan, menambahkan tangkringan dalam kandang khususnya untuk jenis kandang umbaran dapat membantu burung ketika beristirahat, yaitu agar burung tidak bersentuhan langsung dengan tanah/pasir yang lembab saat musim dingin.
  4. Ramuan herbal, berikan tambahan ramuan herbal pada pakan atau minum merpati, anda bisa menambahkan air parutan jahe dalam minuman, hal ini berguna untuk menjaga stamina dan kehangatan tubuh merpati.
  5. Menjaga kebersihan air minum dan tempat pakan, saat musim hujan penyakit akan mudah muncul dari kondisi lingkungan yang lembab, penyakit yang sering menjangkiti merpati saat musim penghujan yaitu berak hijau dan juga snot, biasanya penyakit tersebut masuk dari air dan pakan yang tidak steril yang dikonsumsi merpati.
  6. Rajin mengganti alas, tindakan pencegahan lainnya, yaitu dengan secara rutin mengganti ataupun menambahkan beberapa bahan untuk dijadikan alas kandang, salah satunya dapat menambahakn sekam kering / kulit biji padi sebagai alas kandang, khususnya jenis kandang umbaran.

Nah demikian beberapa tips pencegahan terhadap terjadinya kematian hewan ternak saat musim penghujan.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca hingga akhir.
Dan silahkan meninggalkan coretan pada kolom komentar !!
Mohon maaf jika terlambat membalas komentar.

EmoticonEmoticon